LAPAR Vs NGIDAM. APA BEDANYA?


LAPAR Vs NGIDAM. Apa Bedanya? 

Ini pertanyaan yang sering dilempar.

Ngidam yang diambil dari bahasa inggris ‘cravings’ sebetulnya belum tentu berarti lapar palsu.  Bisa saja seseorang menginginkan makanan jenis tertentu karena memang tubuhnya sedang membutuhkan nutrisi tertentu juga. Pada dasarnya, tubuh itu cerdas.

Lapar vs ngidamNamun yang akan dibahas disini adalah NGIDAM MAKANAN alias tidak bisa berhenti menginginkan sesuatu atau sulit berhenti makan makanan sesuatu.  NGIDAM seperti ini  merupakan LAPAR PALSU atau LAPAR SEMU.

NGIDAM adalah keinginan kuat untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu yang tak berhubungan dengan kebutuhan tubuh yang dipicu pemikiran tertentu.

Sedangkan, LAPAR ASLI yang dikenal sebagai LAPAR FISIK adalah kebutuhan fisiologi tubuh yang ditandai oleh sinyal tubuh yang muncul.  Lapar ini benar-benar mewakili kondisi kebutuhan enerji.  Ketika sudah makan sesuaru, lapar ini hilang seketika.

 

LAPAR FISIK tergantung fisiologi tubuh, sedangkan NGIDAM tergantung suasana hati.  Misalnya saja, sebetulnya anda tidak lapar, tapi begitu membicarakan atau mengingat jenis makanan, tiba-tiba menjadi lapar.   Keinginan makan seperti ini jelas tidak mewakili SITUASI LAPAR FISIK.

 

APA ALASAN BARU SAJA ANDA MAKAN?

Memahami Lapar Vs Ngidam ini sangat penting untuk mencermati apa alasan anda makan.  Seseorang makan untuk penuhi kebutuhan tubuh, memuaskan pikiran, atau karena dipengaruhi oleh lingkungan.

Untuk beberapahi hari kedepan, coba perhatikan apa yang memotivasi anda mengambil atau membeli makanan sebelum anda memakannya.  Setelah makanan itu habis, coba tanyakan pada diri sendiri, apa alasan anda lakukan itu?  Mengapa tadi anda makan? Apakah anda lapar fisik, atau hanya karena anda sedang tidak nyaman hati, atau karena terpicu oleh situasi tertentu?  Apakah anda makan untuk memenuhi kepuasan batin?  Apabila alasan anda bukan LAPAR FISIK, apa keputusan anda? Makan, atau tidak makan?  Cermati terus untuk beberapa hari ini.

 

KELEBIHAN ENERJI

 

Apabila anda makan padahal anda tidak lapar fisik, berarti anda makan lebih banyak daripada yang tubuh butuhkan.  Artinya anda menjadi kelebihan enerji tubuh yang akan menyebabkan berat tubuh anda bertambah.

Coba klik artikel berikut ini untuk memahami CARA MEMBEDAKAN LAPAR FISIK dan LAPAR PALSU

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *