Niat dan Pembiasaan untuk turun berat badan


Awalnya saya merasa berat badan semakin naik badan semakin gemuk. Orang disekitar saya juga berkomentar begitu. Awal September 2019, di kantor tempat saya bekerja mengadakan program “SEBUSE” sehat, bugar, senang. Salah satu tujuannya mendapatkan tubuh sehat bonusnya berat badan ideal.

turun berat badan
turun berat badan 14.3 kg dalam 3 bulan

Pengukuran pertama 5 September 2019 berat badan saya saat itu 99.3 kg. jadi Pengukuran gula darah dan kolesterol hasilnya normal namun viceral fat melebihi normal dan tensi darah cendrung tinggi. Dari sini saya berfikir bahwa tubuh ini bisa dikatakan tidak sehat.

Pola makan saya juga kurang baik, sering mengkonsumsi karbo dalam jumlah banyak, gorengan, bakso, minuman berkadar gula tinggi, makan berat malam hari. Jarang makan buah dan sayur lebih banyak nasi. Sementara tidak diimbangi dengan olah raga. Di sinilah muncul niat yang kuat untuk menurunkan berat badan saya.

Pada 20-21 September 2019 saya terpilih untuk mengikuti program SEBUSE WELLNESS CAMP 2019. Dari pelatihan ini saya dapat banyak manfaat terutama pemahaman tentang “MINDFUL EATING” dan “BODY MIND”. Dari dua hal itu saya belajar bagaimana pola makan yang lebih baik, menyenangkan, tanpa harus merasa kelaparan. Dengan bonus badan sehat, berat badan turun dan tidak gampang sakit.

Dalam prakteknya 2 bulan pertama saya awali dengan mengurangi konsumsi terutama nasi menjadi setengah dari biasanya dan mengganti dengan nasi merah. Perbanyak konsumsi sayur, lauk dan buah-buahan. Saya mulai olah raga rutin dengan jogging 5 kali seminggu selama 1-1,5 jam. Pada tangal 5 November 2019 pengukuran ke dua berat badan saya sudah turun menjadi 87 kg  

BMI : 36.5 – 32 | Viceral fat : 24 – 18 | Body Fat : 34 – 27.3 | Lingkar pinggang : 108-100

Selama hampir 3 bulan saya menjalani program ini banyak perubahan yang saya rasakan. Pola makan lebih sehat dan teratur. Badan lebih fresh dan bugar desertai olah raga yang teratur juga.

Hari ini saya menimbang berat badan saya hasilnya 81.5 kg (hasil timbangan di rumah ). Kunci utama nya adalah niat yang kuat agar badan lebih sehat lagi.

*) Makan lah pada saat lapar Fisik…… saya selalu ingat kata-kata Ibu @Nunny Hersianna

AFRI HERIYANTO

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *