Strategi Langsing di tempat Kerja


Banyak dari klien saya yang bercerita bahwa mereka mencoba tertib dalam pola makan mereka dikantor. Namun terkadang lingkungan membuat program melangsing mereka berantakan.

Apalagi ketika sudah mulai sore dan malam hari  saat mereka lelah atau mulai bosan, mereka cenderung ngemil bahkan makan diluar kendali.  Belum lagi saat diajak makan bersama.

‘American Journal of Clinical Nutrition’ di Amerika mengklaim bahwa 22% dari 230 wanita diantara usia 30-55 memiliki prilaku ‘emotional eating’ atau mengkait kaitkan perasaannya dengan keputusan makan

Lalu bagaimana cara mensikapinya agar miliki strategi pola makan yang terkendali di tempat kerja?

strategi langsing di tempat kerja

Total Indonesie Balikpapan

strategi langsing di tempat kerja

Bank Of Tokyou Mitsubithi UJ

COBALAH CERMATI BEBERAPA HAL INI :

KURANGI HADIAH BERUPA MAKANAN.

Sepakati rekan kerja dikantor agar saling memberikan hadiah atau penghargaan dalam bentuk apapun selain makanan. Ketika membawa oleh-oleh dari perjalanan luar kota, hadiah promosi jabatan, ikut bahagia atas prestasi dan lainnya lebih baik dihargai dalam bentuk ‘bukan makanan’

SEPAKATI ZONA MAKAN.

Libatkan seluruh karyawan kantor untuk menentukan zona / pojok area makan dan tempat penyimpanan makanan.  Misalnya ada yang miliki makanan pribadi atau makanan bersama, hanya boleh diletakkan dan dimakan di tempat tersebut. Selain itu, ada zona larangan menyimpan makanan dan zona larangan makan.  Upayakan zona makan di putuskan tempat yang agak sulit dijangkau atau yang terjauh dari area kerja.  [baca Antara Kerja atau makan, Makan atau kerja]

SEPAKATI PERAYAAN ULANG TAHUN HANYA DI HARI TERTENTU DALAM 1 BULAN. 

Ciptakan tradisi baru agar perayaan ulang tahun hanya dilaksanakan sebulan sekali secara bersama-sama.  Karena itu tidak perlu ada perayaan yang selalu dipenuhi kue tart, dan makanan lain dengan tujuan sama.

BAWALAH BEKAL DARI RUMAH

Dengan membawa makanan dari rumah, kita dapat memelihara tubuh dengan makanan yang lebih sehat dan lebih bisa di prediksi.  Siapkan bekal yang bervariasi sehingga anda pun tidak perlu membeli diluar.  Jadikan malam hari anda menyenangkan untuk memikirkan bekal esok hari.  Misalnya saja dengan menulisnya di catatan anda agar esok hari lebih praktis.

PUTUSKAN ‘PASANGAN/TEMAN MELANGSING’ ANDA DIKANTOR

Melangsing itu sudah bukan persoalan pribadi lagi.  Ajaklah teman anda untuk bisa saling mendukung dalam melangsing.  Buatlah program –program menyenangkan diantara anda seperti misalnya rencana saling berbagi makanan dan lain lain.

RAJIN MELANGKAH DI KANTOR.

Melangsing itu makan lebih sedikit, bergerak lebih banyak.  Biasakan bergerak dan melangkah keliling kantor setiap 90 menit.  Pastikan anda tidak dikuasai oleh kesibukan.  Apa artinya 5 menit gerak anda dibanding per 90menit kesibukan anda.
  Tanpa anda sadari, total 30menit anda berjalan dalam sehari sama dengan sekitar 3000 langkah.  Dan langkah demi langkah anda akan membantu proses metabolism ditubuh anda.

NUNNY HERSIANNA

Sumber tambahan: the hungfington post

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *