Manfaat Mindful Eating Sambil Duduk


Manfaat Mindful eating sambil duduk.

Bicara mengenai Mindful Eating dan mumpung sedang di bulan Ramadhan, saya ingin membahas tentang hadits makan dan minum sambil duduk.

mindful eatingGara-garanya, beberapa minggu yang lalu saat saya berkunjung di sebuah sekolah binaan saya, salah satu kepala sekolah menegur dengan candanya saat saya menikmati sepotong kue sambil berdiri.

Katanya : “hayo bu… nanti kalau ada siswa TK lewat langsung dibacakan haditsnya lhooo….! Mereka hafal hadits agar tidak makan dan minum sambil berdiri.”

Mak jleb!

Dan menariknya, gara-gara itu, saya menjadi terpikir terus ketika saya akan menikmati minuman dan makanan.

Betul sekali, saya mengajarkan mindful eating, namun sebetulnya mindful eating bukan hal baru didunia ini. Mindful eating juga bagian dari adab makan. Mindful eating adalah perilaku makan yang selayaknya dilakukan. Sekarang tinggal tambahkan usulan agar lakukan Mindful Eating sambil duduk.

*) klik artikel : apa itu makan dengan mindful.

Saya sudah banyak menulis artikel tentang cara Mindful Eating dan manfaatnya. Setelah lakukan googling, sekarang saya ingin rangkum hasil bacaan saya tentang MANFAAT MINDFUL EATING atau makan sambil duduk.  Uraian ini pasti bermanfaat untuk teman-teman yang sedang melakukan Mindful Eating.

Semoga ramadhan andapun akan semakin Mindful.

 

MANFAAT MINDFUL EATING SAMBIL DUDUK :

  1. Menyehatkan Pencernaan

Jika kita makan dan minum sambil duduk maka makanan yang masuk melalui tenggorokan akan secara perlahan dan lembut turun ke dalam usus sehingga lebih menyehatkan.

 

  1. Ginjal Menjadi Lebih Sehat

Saat kita makan ataupun minum sambil duduk maka makanan tersebut akan di saring oleh Sfringer. Sfingter merupakan kumpulan serabut otot yang berbentuk seperti cincin yang bekerja untuk menutup jalur atau pembukaan alamiah pada tubuh. Otot sfingter merupakan jenis otot involunter (tidak dapat diatur secara sadar). Sfingter dapat membuka dan menutup sesuai keperluan .

Namun jika kita makan atau minum sambil berdiri, Sfringer tidak akan berfungsi sehingga makanan dan minuman tidak ada yang menyaring dan langsung menuju kandung kemih. Selain menyebabkan penyerapan ke tubuh tidak sempurna makan atau minum sambil berdiri juga dapat menyebabkan masalah pada ginjal.

 

  1. Menyegarkan Tubuh

Minum sambil duduk bisa juga membantu menyegarkan tubuh, karena saat kita duduk air akan masuk ke Maiddah atau lambung dan nanti nya akan di pompa oleh jantung untuk di alirkan ke seluruh tubuh. Hal ini akan menimbulkan kesegaran dalam tubuh, lain hal nya jika kita minum sambil berdiri, cairan akan langsung turun ke organ bagian bawah dan tidak akan di pompa keseluruh tubuh.

 

  1. Tubuh Lebih Rileks / Menenangkan Syaraf

Selanjut nya jika minum atau pun makan sambil duduk, tubuh akan lebih rileks dalam memproses makanan atau minuman di dalam tubuh. Sehingga kita bisa lebih santai dan menikmati makanan atau minuman tersebut. Sebalik nya jika kita melakukannya sambil berdiri tubuh tidak akan rileks jadi lebih baik nya untuk makan dan minum sambil duduk.

 

  1. Terhindar Dari Penyakit Asam Lambung

Menurut Dr. Ana Budi Rahayu SpS, makan atau minum sambil berdiri dapat mengakibatkan terjadi nya Reflux Asam Lambung, yaitu asam lambung akan naik ke Esofagus dan menyebabkan sel pada kerongkongan teriritasi. Untuk mengatasi nya kita harus melakukan makan dan minum sambil duduk.

 

Itulah Manfaat Makan Dan Minum Sambil Duduk Bagi Kesehatan yang sudah di anjurkan oleh Rasulullah SAW dan di dukung oleh penelitian dokter modern pada jaman sekarang. Itu membuktikan bahwa segala sesuatu yang di anjurkan Rasulullah SAW pasti memiliki manfaat yang baik.

 

Yuk, sayapun sedang berlatih makan dan minum dengan Mindful sambil duduk.

 

Nunny Hersianna.

sumber :
kabeka.net
arti-definisi-pengertian.info

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *