TUBUH DI DESAIN UNTUK MAKAN DENGAN TENANG.


 

mindful eating 2806

Banyak yang masih bertanya kepada saya, bagaimana Stop sebelum Kenyang.

Untuk bisa kenali level STOP SEBELUM KENYANG, mereka perlu kenali dulu bagaimana lambung capai KEPUASAN.

Makan itu untuk capai kepuasan.  Dan puas itu tidak harus banyak.

Kita butuh semacam thermostat yang lebih tepat disebut dengan ‘AppStat’ (=dari kata appatite) yang dapat merekam jumlah makanan yang dapat menghentikan keinginan untuk melanjutkan, karena kita sudah puas.

Menurut idola saya JC Bays MD,

ada 4 hal yang menunjukkan Appstat di level itu (sinyal tubuh yang bisa hentikan makan sebelum kenyang) :

  1. Sinyal ‘Cukup’ yang murni berasal dari sensasi fisik. Misalnya, perut kita sudah terasa ada isinya, kemudian syaraf vagus diperut menterjemahkannya ke pusat kepuasan yang ada di dalam sistim kerja hipotalamus otak.
  2. Sinyal Cukup yang berasal dari serapan nutrisi di dalam aliran darah kita, meliputi glukosa, lemak, dan asam amino yang dibelah dari protein. Semakin baik kandungan nutrisi makanan yang masuk kedalam tubuh, maka kepuasan akan dirasakan lebih awal/cepat.
  3. Hormon yang dikeluarkan oleh usus kecil dan pancreas saat makanan tersebut diserap., juga mengeluarkan sinyal Cukup.  Hormon ini meliputi cholesistokinin, insulin dan glucagon.   Semakin lumat makanan dikunyah, semakin cepat makanan terserap.
  4. Sinyal Cukup yang berasal dari sel lemak yang akan melepaskan leptin dan beberapa zat kimia lainnya yang berperan dalam ‘menutup’ tombol LAPAR.

Nah, apa hubungan ke 4 hal diatas berhubungan dengan CARA MAKAN kita?

Begini ulasannya:

Apabila kita mengunyah dan makan dengan tenang, maka makanan akan melumat dengan sempurna dan terpecah menjadi partikel-partikel kecil yang mudah menyatu dengan enzim yang ada di mulut. Enzim inilah yang akan berperan besar dalam proses metabolisme.

Setelah makanan masuk kedalam perut melalui usus kecil, maka hormon ‘appstat’ memberitau otak dan badan : “ Cukup. Cukup…. Waktunya untuk berhenti!”.

Proses yang dijelaskan diatas, butuh sekitar 15 -20 menit. Itu sebabnya kita sering kebablasan dan kekenyangan seandainya makan terlalu cepat, karena sinyal kepuasan belum sempat datang saat sudah habiskan makanan.

Sebagai kesimpulan, inilah keuntungan apabila kita makan dengan tenang (mindful) :

  1. gizi akan diserap lebih sempurna
  2. sinyal kepuasan akan datang lebih cepat
  3. kita akan berhenti sebelum kenyang dan terhindar dari kelebihan kalori.

SELAMAT MAKAN DENGAN TENANG DAN NIKMATI SETIAP SUAPAN.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *