Apa Itu Hormon Leptin


Apa itu Hormon Leptin

Di dalam tubuh manusia terdapat dua hormone yang sangat berperan dalam mempertahankan energi dan membuat kestabilan berat badan yaitu hormone leptin dan grelin.

 

2560Kedua hormon tersebut bekerja sama dengan otak terutama pada bagian hipotalamus. Hipotalamus sendiri merupakan bagian yang ada di dalam otak yang berfungsi dalam mengatur perilaku nafsu makan.

 

Tubuh saat memberikan sinyal kepada bagian hipotalamus ini menggunakan berbagai media diantranya adalah melalui sirkulasi darah yang dilalui oleh sejumlah hormone pada jalur khususnya blood-brain barier. Sinyal juga bisa disalurkan melalui saraf yang menuju otak.

 

Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi hormon leptin dan ghrelin :

 

Hormon Leptin

Leptin merupakan hormon yang dihasilkan sel-sel lemak yang membantu mengatur metabolisme dan nafsu makan. Hormon leptin diproduksi di dalam WAT (white adipose tissue) atau sel lemak, jadi semakin besar sel lemak maka semakin banyak juga kadar hormon leptin di tubuh manusia.

Leptin juga memberitahu otak kapan harus berhenti mengunyah dan berhenti makan, membantu merespon rasa kenyang, mengendalikan napsu makan dan mencegah makan berlebihan.

 

Orang-orang yang menderita obesitas memiliki kadar hormon leptin yang sangat tinggi, akan tetapi tubuhnya tidak lagi memberikan sinyal pada otak yang menandakan tubuh sudah mendapat cukup makanan.

Secara tidak sadar mereka akan terus mengonsumsi makanan karena otak (hypothalamus) menganggap tubuh masih membutuhkan makanan, inilah yang disebut dengan leptin resistance.

Menurunnya metabolisme, peningkatan napsu makan, dan tubuh bertambah gemuk akibat sel-sel lemak bertambah, adalah beberapa gejal dari leptin resistance.

Jika dibiarkan berlarut-larut, kondisi ini dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan seperti osteoporosis, serangan jantung, kanker, mood tidak stabil, libido rendah, hingga kesulitan mengendalikan berat badan.

Jumlah kadar leptin di dalam tubuh dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk persediaan energi, asupan makanan dalam tubuh, umur, gender dan kadar gula darah dalam tubuh. semakin besar energi yang tersimpan di dalam tubuh akan membuat kadar leptin juga semakin besar.

 

klik artikel : Hormon yang sebabkan seseorang merasa lapar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *