PMS , Lapar emosi dan GoLangsing


PMSSebagai perempuan, tubuh kita memang cukup kompleks. Dominasi berbagai hormon dalam tubuh tidak jarang memengaruhi kondisi fisik dan psikis kita. Sedikit tertekan karena stres, emosi langsung meledak.

Kompleksnya hormon dalam tubuh kita rupanya memegang peranan penting, terlebih ketika memasuki masa PMS (premenstrual syndrome)

Dari segi fisik, ketidakseimbangan hormon akan menimbulkan rasa tidak nyaman di beberapa bagian tubuh. Sedangkan dari segi psikis, emosi juga bisa tiba-tiba meledak. Bukan hanya itu, craving terhadap makanan pun tiba-tiba bisa timbul. Dan jika ada perempuan yang menjadikan tanda ‘craving’ sebagai sinyal PMS mereka maka mereka tidak salah.

“Saat PMS, ada hormon yang mendominasi dalam tubuh sehingga bisa mengubah perempuan berperilaku layaknya perempuan hamil, moody dan craving. Craving atau lapar emosi saat PMS memang tidak bisa disalahkan karena kondisi hormon perempuanlah yang “memaksa” mereka untuk melakukan itu. Tapi, itu pun hanya bersifat sementara, saat sudah bergeser dari masa PMS maka lapar emosi akan hilang dengan sendirinya,” dr. Karno, Sp. Og., menjelaskan melalui fimela.com

BAGAIMANA MENGATASI KEINGINAN NGEMIL /  LAPAR EMOSI SAAT PMS? :

  • Pertama, tenanglah, PMS hanya akan berlangsung beberapa hari. Namun tetaplah waspada dan bukan menjadi alasan alias aji mumpung.
  • Bersyukurlah dan tetaplah hormati proses hormonal yang terjadi, berikan sapaan penuh kasih pada tubuh.
  • Ketika keinginan ngemil itu datang, tetaplah ikuti tips ala golangsing.
  • Tariklah nafas dengan tenang, mulailah dengan minum sedikit air putih sekedar cek ulang apakah anda lapar atau hanya butuh cairan tubuh.
  • Setelah minum, sapa lagi tubuh anda sambil tarik nafas. Tanyakan, “apakah kamu benar-benar lapar?”
  • Kalau dorongan ngemil tetap ada, ikuti tips ala golangsing . ( baca di web atau dapatkan DVD tips golangsing )
  • Tempatkan makanan anda dipiring kecil, tutup lagi, dan kembalikan kemasan pada tempatnya. Menjauhlah.
  • Makanlah dengan tetap MINDFUL. Dapatkan kepuasan setinggi mungkin. Semakin tenang, semakin bisa menikmati, semakin lekas puas.
  • Bersyukurlah ketika anda sudah bisa makan dengan tenang sehingga bisa stop sebelum kenyang.
  • Berterimakasihlah pada Sang Pencipta sehingga anda bisa menjalin persahabatan antara hormon, makanan dan tubuh yang tetap terjaga dari makan berlebihan.

 

Selamat Menikmati anugerah sebagai Wanita!

Nunny Hersianna

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *