Susah Stop Makan? Ini Cara Berhenti Makan Berlebihan


Susah Stop Makan? Ini Cara Berhenti Makan Berlebihan

cara berhenti makan

 

Untuk berhenti makan ternyata tidak mudah. Banyak orang yang bahkan mencari cara berhenti makan. Menurut sebagian dari mereka, rasanya sulit untuk menolak saat berhadapan dengan makanan.Hal ini tentu tidak menjadi masalah bagi mereka yang memang ingin gemuk.

Namun lain persoalannya bagi mereka yang merencanakan program diet. Diet lagi-lagi harus gagal karena kebiasaan makan yang tidak bisa dihentikan. Bagi Anda yang mengalami hal yang sama yaitu susah berhenti makan, penjelasan dan cara di bawah ini mungkin bisa membantu permasalahan anda.

Mengetahui Apa saja Jenis Lapar

Agar suatu permasalahan mudah diatasi maka anda harus tahu penyebabnya terlebih dahulu. Untuk menemukan cara berhenti makan yang tepat, anda harus mengetahui jenis lapar apa yang sedang anda alami.

Lapar dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan penyebabnya. Jenis pertama yaitu Lapar Fisik. Kelaparan fisik ini dirasakan saat perut anda benar-benar kosong dan anda membutuhkan tenaga untuk beraktivitas. Jika mengalami lapar fisik malah dianjurkan untuk makan agar tidak menimbulkan penyakit di tubuh.

Berbeda lagi dengan jenis Lapar Emosi Rasa lapar satu ini biasanya muncul dalam bentuk menginginkan satu jenis makanan khusus. Saat berpikir tentang makanan atau melihat makanan, tiba-tiba anda merasa sangat lapar. Kasus tidak bisa berhenti makan biasanya disebabkan oleh lapar emosi. Lapar emosi belum tentu terpuaskan dengan satu jenis makanan. Sedangkan Lapar Fisik mudah dihentikan dengan hanya sekali makan.

Nah bagi anda yang mencari cara berhenti makan, kemungkinan besar penyebabnya karena lapar emosi. Bagaimana mungkin tau cara berhenti makan, kalau saat memulainya saja anda tidak lapar.

Lapar Emosi disebabkan oleh berbagai hal berikut ini.

  1. Kurangnya kesadaran

Penyebab pertama yaitu kurangnya kesadaran. Seseorang kadang secara tidak sadar makan dalam jumlah banyak. Mereka memasukkan apapun ke dalam mulut tanpa sadar bahwa perutnya sudah cukup menerima asupan.

  1. Mengalami emosi yang sulit ditoleransi

Seseorang yang mengalami emosi berlebihan seperti stress cenderung melampiaskannya dengan makan. Makanan memang memiliki pengaruh seperti narkoba dan alkohol dimana akan memberi kepuasan dan menghilangkan perasaan negatif dalam tubuh.

  1. Ingin bersenang-senang

Penyebab lain munculnya lapar emosional yaitu karena memang ingin bersenang-senang. Banyak orang yang ingin sekali merasakan suatu masakan enak. Ada juga yang menjadikan kuliner sebagai hobi atau kebiasaannya.

  1. Citra negatif dalam tubuh

Menurut para psikolog, citra negatif dalam tubuh itu akan mendorong seseorang untuk makan secara berlebihan dan sulit menghentikan makan.

Cara Berhenti Makan Berlebihan

Setelah mengetahui beberapa penyebab tidak bisa berhenti makan di atas, kini saatnya membahas tentang solusinya. Berikut solusi bagi anda yang susah stop makan.

  1. Mengetahui jenis Lapar

Cara pertama yaitu mengetahui jenis lapar seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jika memang lapar fisik maka segeralah makan dalam jumlah yang wajar.

  1. Mengetahui penyebab Lapar Emosi

Jika lapar anda termasuk lapar emosi maka cara berhenti makan selanjutnya adalah dengan mengetahui penyebabnya. Dari empat penyebab yang telah dijabarkan di atas manakah yang menjadi penyebab anda suka makan.

  1. Mengatasi penyebab lapar Emosi

Apabila sudah mengetahui penyebabnya, anda bisa mencari solusinya. Semisal ternyata anda stress karena putus dengan pacar maka solusinya ya cobalah untuk menyelesakan persoalan yaang menumpuk di kepala anda. Tulis prioritas, dan fokus pada solusi.

Demikian tadi penjelasan tentang cara berhenti makan. Apabila anda merasa kesulitan, anda bisa mencoba metode langsing tanpa diet di golangsing.com. Golangsing akan membantu anda memiliki kebiasaan yang lebih sehat.

klik http://page.co/DLX7 untuk tau caranya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *