‘Your Office, Your Happy Place’


Your Office, Your Happy Place

Stres di tempat kerja adalah hal yang biasa dihadapi oleh para pekerja kantoran. Mendapat limpahan tugas secara mendadak, deadline yang mepet, tuntutan peran yang semakin beragam, merupakan hal-hal yang sepertinya sudah dianggap sebagai ‘makanan sehari-hari’ bagi sebagian pekerja kantoran.

 

happy_employee-300x203Banyak dari kita menganggap stres sebagai sesuatu yang negatif atau pemicu masalah. Padahal, kita juga bisa lho, memandang stres sebagai sebuah sinyal positif.  Faktanya, stres bisa dikendalikan. Stres juga bisa menjadi kesempatan untuk mewujudkan pertumbuhan dan gairah baru.

Nah, agar kita bisa memiliki kehidupan kantor yang menyenangkan, positif, dan produktif, simak berbagai tips untuk mengatasi stres di kantor berikut ini.

 

  1. Fokus pada satu pekerjaan

Katanya, perempuan pasti jago dalam multitasking. Kebanyakan dari kita mungkin akan setuju dengan pendapat ini. Tetapi, tidak bisa disangkal juga bahwa kebiasaan melakukan lebih dari satu pekerjaan sekaligus dapat membuat seseorang kewalahan hingga akhirnya didera stres. Bukan hanya itu, tugas yang dikerjakan pun pada akhirnya tidak maksimal karena perhatian kita terbagi ke mana-mana. Maka itu, alih-alih ber-multitasking, fokuslah pada satu pekerjaan secara bergantian. Kita mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk menuntaskan seluruh pekerjaan. Tetapi, kita juga akan merasa lega dan puas setiap kali satu tugas terselesaikan dengan baik dan telah dikerjakan dengan maksimal.

 

  1. Istirahat itu penting!

Duh, saya ngggak sempat istirahat. Makan siang aja di meja nih, sambil ngirim email buat beberapa klien. Pernah berada dalam posisi seperti itu? Sekilas, kita tampak seperti pegawai yang berdedikasi tinggi ya, karena menggunakan seluruh waktu di kantor, termasuk waktu istirahat, untuk menyelesaikan tugas-tugas. Idealnya, kita mengistirahatkan tubuh dan otak setiap 1-2 jam sekali. Jika itu tidak bisa dilakukan, minimal manfaatkan waktu istirahat yang telah disediakan. Ini penting lho, karena tubuh dan mental kita pasti perlu beristirahat. Hindari makan di meja kerja karena bisa membuat kita tidak fokus terhadap makanan yang dilahap serta jadi makan dengan terburu-buru. Selain itu, berjalan ke luar ruangan atau ke luar gedung juga baik untuk mendapatkan udara segar serta menjernihkan pikiran.

 

  1. Jalin hubungan baik dengan rekan kerja

Faktanya, kita berada di kantor selama 6-9 jam setiap hari. Bisa dibilang, rekan-rekan kerja adalah keluarga kedua kita. Maka itu, ciptakan hubungan yang baik dengan mereka. Hindari menganggap mereka sebagai rekan kerja yang hanya perlu diajak bicara soal pekerjaan. Tak ada salahnya untuk memberikan perhatian yang cukup, misalnya dengan menanyakan kabar mereka dan keluarganya, hobi apa yang sedang diminati, atau mengajak makan siang bersama. Hubungan yang hangat di kantor dapat meningkatkan motivasi dan produktivitas kerja, lho. Selain itu, mereka juga pasti dengan senang hati membantu saat kita sedang kewalahan dengan tugas-tugas tertentu. So, stress? What stress?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *