STRES BERKEPANJANGAN YANG BIKIN LAPAR EMOSI


Stress Berkepanjangan Yang Bikin Lapar Emosi

 

makan di meja kerja

Seseorang dengan pekerjaan yang padat, terkadang tanpa disadari mengalami lapar emosi yang berdampak pada kondisi tubuhnya sendiri. Apapun dilema yang sedang dihadapi, umumnya bila seseorang sudah mengalami hal ini, mereka hanya akan berpikir untuk makan, makan, dan terus makan apa saja yang ada di depannya. Ini manusiawi sekali untuk orang yang ingin terhindar dari rasa kecewa dengan cara makan. Karena makan bisa jadi pelarian juga.

 

Pengertian dari Lapar emosi

Lapar emosi itu adalah makan secara berlebihan karena seseorang tidak dapat mengenali perasaan hati yang sesungguhnya.  Perasaan tersebut sering dikenali dengan stres walaupun belum tentu seperti itu.  Bisa saja hanya karena rasa bosan, kekecewaan, kekhawatiran, kesedihan bahkan rasa bersalah.   Kondisi ini cenderung merespon perilaku yang tidak disadari dengan cara makan yang banyak, walau sedang tidak lapar.

Orang yang bersangkutan tidak sadar bahwasanya kegiatan makan ini adalah sebuah pelarian dan penghilang rasa. Bisa jadi, makan ini juga bisa dijadikan sebagai hadiah untuk dirinya sendiri, karena makan yang terjadi bukanlah untuk memuaskan lapar fisik yang sesungguhnya. Bisa  juga, lapar emosi ini lebih cenderung sebagai pengalih perhatian saat sedang kesal karena suatu konflik. Sehingga, seseorang yang mengalaminya lebih suka memusatkan perhatiannya dengan cara menyantap makanan untuk memperbaiki mood.

 

Alasan Stress Bisa Menyebabkan Banyak Makan

Dalam waktu jangka pendek, stress berkepanjangan atau perasaan hati yang tidak nyaman dapat memicu seseorang untuk makan secara berlebihan, meskipun terkadang bisa juga sebaliknya dengan mematikan rasa nafsu untuk makan. Yang perlu diwaspadai, bila stress terjadi hingga berkepanjangan, hal ini bisa membuat otak memerintahkan kalenjar adrenal untuk melepaskan kortisol. Akibatnya, seseorang yang stress berkepanjangan nafsu makannya akan semakin meningkat dan merusak kinerja hormon pengontrol nafsu makan.

Tak heran bila seseorang yang sedang stress berat menjadi lepas kendali hingga menjalar ke dalam pola makan. Sehingga, seseorang bisa menyantap semua makanan yang tinggi kalori, tinggi karbohidrat, dan junk food yang bisa berakibat fatal bila sampai diteruskan. Maka dari itulah, emosi yang mendorong makan secara berlebihan ini harus segera diatasi agar tidak mengganggu kesehatan tubuh. Karena saat itu terjadi, ini bisa merusak program pencapaian berat badan ideal.

Maka dari itulah, jangan biarkan hal yang seperti ini terjadi dan jangan terus menyalahkan diri Anda sendiri. Karena itu bisa membuat Anda semakin stress yang berlebihan.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan ikut serta di kelas ‘ group coaching’ golangsing yang memiliki keunikan cara tersendiri dan akan membantu Anda untuk mengatasi masalah lapar emosi akibat stress yang berkepanjangan atau sesuatu hal yang tidak anda sadari penyebabnya.  Cek artikel yang membahas kelebihan program yang menggunakan metoda ‘coaching’ berkelompok.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *