Satu tahun jalani Happy Eating golangsing


Catatan jalani 1 tahun bersama Happy Eating…

oleh @apriasari sasomo

testimoni sari jalani happy eatingAkhir tahun 2012 yang lalu, saya mengikuti kelas Happy Eatingnya Mb Nunny di Bandung. Pas sekali waktunya dimana bulan Desember adalah bulan terakhir dan waktu itu dijadwalkan kami ikut sesi ke-3 evaluasi di awal tahun 2013.

Semangat dong bikin resolusi-resolusi berkaitan dengan mau menjalani hari baru di tahun yang baru. Nah sekarang, tanpa terasa waktu sudah berjalan 1 tahun, dan kita ada di penghujung tahun 2013. My gosh…time flies so fast…sampai kita sendiri kadang nggak menyadari ya betapa cepatnya waktu berlalu.

2013 adalah tahun yang amat berkesan buat saya pribadi….banyak perjalanan kehidupan yang saya dapat…bedanya dengan yang dulu, yang sekarang ini saya “sadar dan menyadari’ bahwa apa yang saya jalani adalah pembelajaran untuk saya, jadi saya merasakan bahwa kontrol ada di tangan saya, atau ada di pikiran saya.

Sebelumnya saya sepertinya lebih banyak berada di tahap saya tahu bahwa saya punya kontrol untuk diri saya, tetapi dalam kesehariannya seakan-akan sering merasa bahwa saya tidak punya kontrol untuk itu.

Sungguh ya kata-kata : “Saya memutuskan …” Merupakan kata-kata yang sangat powerful. Dimana apa-apa yang terjadi dengan diri kita adalah dari kita sendiri. “Oleh Saya dan Untuk Saya, karena Saya…

Salah satu hal yang saya sangat syukuri adalah Happy Eating membantu saya untuk lebih jujur dengan diri sendiri. awalnya berkaitan dengan cara pandang dan hubungan yang saya bangun dengan makanan, lama-lama hal baik itu menular kepada hal-hal lain dalam hidup saya. Di Tahun 2013 ini saya BERHASIL menjadi orang yang lebih jujur dengan diri sendiri. WOW…..buat saya ini amazing, dan mengetahui bahwa dulunya saya suka jaim ke orang lain, diawali dengan saya itu orangnya jaim sama diri saya sendiri 

Dari lebih jujur sama diri sendiri saya belajar untuk berhenti menyalahkan pihak lain, keadaan, ataupun orang lain. Tentunya semua ini masih proses dan terus berproses untuk lebih baik lagi.

Sekarang ini, berat badan saya naik dan berat saya bukan lagi di angka yang 6 bulan yang lalu bikin saya takjub sama diri sendiri, hehehe. Artinya apa buat saya??? Dengan jujur sama diri sendiri, artinya saya sendiri yang menyebabkan berat badan saya naik lagi, karena saya waktu itu sudah merasa Yes, saya langsing nih….Jadi bisalah makan agak santai dikit…agak banyak dikit…dan melakukan negosiasi sama diri sendiri, termasuk sama lambung saya untuk : Lambung pleaasseee…aku tau sih Kamu masih cukup bensinnya, lapar fisik belum muncul, Tapi….kue yang ini enak banget nih….atau, ahhh Sayang deh, masa lauknya Dhafin (anak saya) sisa dikit, ya udahlah dimakan sama saya aja ya.. Tambah desert dikit deh…Ice cream coklat pasti yummy banget!! Lama-lama lupa nanya sama lambung dan diri sendiri apakah tubuh saya perlu ditambah bensin atau tidak. No wonder dong berat badannya naik lagi….Untungnya nih, berkat Happy Eating, sekarang udah bisa kenal sama yang namanya kekenyangan, jadi bablasnya sama makanan masih bisa keukur, karena badan ini udah kenal sama rasa nggak enak kalau kekenyakan banget! Aduuuhhh, kekenyangan itu nggak banget deh!!! Makanan yang dimakan rasanya nyangkut di kerongkongan…..ngak turun-turun ke lambung dan itu…..penyiksaan Bo!!!

Awal Desember lalu, sempat ketemu sama mb Nunny di Le Marly dan dapat pencerahan mengenai Mindful of Being Mindless…haha, pas banget kan, jadi kaya diingetin kalau pas lagi bablas….Nyadar, bahwa kita lagi off the track 

 

Seru banget!!! Buat aku, paling nggak kalau memutuskan mau mindless, lakukanlah dengan penuh kesadaran diri bahwa kita lagi mindless dari situ kita jadi sadar bahwa ada konsekuensi of being mindless,

 

Contohnya kalau rasanya koq pengen makan ini itu, dan rasanya jadi enak semua, jadi susah berhentinya….konsekuensinya berat badan naik lagi…Ngak ada lagi kata-kata di dalam hati yang bilang….”ya….koq berat gw naik sih?” atau “tuh kan, susah banget deh yang namanya turunin berat badan.”

atau … .

“Kamu sih, ngajak-ngajak makan melulu, berat gw naik lagi deh”… Dan kata-kata lain yang muncul tiba-tiba di pikiran kita.

Jadi salah satu pembelajaran berarti lainnya adalah, saya lebih berani mengambil konsekuensi dari apa yang saya putuskan untuk saya lakukan. Termasuk salah satunya adalah tidak menyalahkan diri sendiri. Dan saya jadi mengerti banget nget….bahwa berhenti menyalahkan diri sendiri adalah sebuah GIANT step. Berproses terus menerima diri sendiri dan menjadi sahabat untuk diri sendiri….cool!!!

Tentunya masih banyak perjalan di 2013 yang masing-masing kita jalani hanya yang paling penting seperti pesan dari guru-guru saya adalah bagaimana kita bisa menjadikan apa yang telah kita alami menjadi pembelajaran untuk kita melangkah lebih baik kedepannya. Saya jadi ingat, sharing salah satu mentor kepada saya pada saat bertemu beliau,

 

Beliau berkata: “Yang Maha Kuasa menggunakan diri saya untuk memberikan pengalaman dan mendewasaan orang-lain, begitu pula Yang Maha Kuasa menggunakan orang-orang yang saya cintai, sahabat dan rekan maupun orang-orang yang pernah mengecewakan atau menyakiti hati saya untuk mendewasakan diri saya. Ilmu yang sangat luar biasa.

Jadi di akhir tahun 2013 ini, ijinkan saya untuk mengucapkan Terima Kasih kepada Mb Nunny dan seluruh keluarga besar Happy Eating GoLangsing juga para sahabat HE semua untuk pembelajaran, support dan dukungan buat saya berhasil melangsing seperti hari ini. Mohon maaf juga kalau selama perjalanan kita bersama di tahun 2013 ada sesuatu yang kurang sesuai di hati. Semoga semua harapan di 2014 dapat terwujud dengan cara yang paling nyaman, menyenangkan dan dapat memberikan kebaikan buat orang lain di sekitar kita. Aamiin.

Salah satu resolusi saya di 2014 adalah mencapai angka 22 untuk untuk ukuran BMI:) Semangat!!! Penasaran deh sama resolusi 2014 para sahabat Happy Eating…Share bareng-bareng ya…..Ditunggu sharingnya;)

Yes!!! Ready for 2014…!!!
SELAMAT TAHUN BARU!!!.

Catatan Jalani Happy Eating

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *