Pikiran Sadar dan Pikiran Bawah Sadar


Dalam hypnosis, pikiran manusia diibaratkan seperti bawang yang berlapis-lapis.

Manusia mempunyai dua jenis pikiran yang bekerja secara simultan dan saling mempengaruhi, yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

Pikiran sadar / conscious mind adalah proses mental yang Anda sadari dan bisa Anda kendalikan.

Pikiran bawah sadar / subconscious mind adalah proses mental yang berfungsi secara otomatis sehingga Anda tidak menyadarinya.

Besarnya pengaruh pikiran sadar terhadap seluruh aspek kehidupan seseorang, misalnya sikap, kepribadian, perilaku, kebiasaan, cara pikir, dan kondisi mental seseorang hanya sekitar 12%. Sedangkan besarnya pengaruh pikiran bawah sadar adalah 88%.  Dari sini dapat kita ketahui bahwa pikiran bawah sadar mengendalikan diri kita 9 kali lebih kuat dibandingkan pikiran sadar.

Pikiran sadar mempunyai fungsi mengidentifikasi informasi yang masuk, membandingkan dengan data yang sudah ada dalam memori kita, menganalisa data yang baru masuk tersebut dan memutuskan data baru akan disimpan, dibuang atau diabaikan sementara.

tat hambatan batinSementara itu salah satu fungsi yang paling penting dari Pikiran Bawah Sadar adalah secara otomatis pikiran bawah sadar mengontrol fungsi tubuh kita, pernapasan, detak jantung, mata berkedip, sistem kekebalan tubuh dan organ, otot, tulang dan jaringan dari tingkat sel agar dapat bekerja dengan seimbang secara keseluruhan dari fungsi tubuh kita.

Pikiran bawah sadar identik dengan kreatif, intuitif, rasional, dan emosional.
Kinerja dari alam bawah sadar sama seperti cara beroperasi komputer, komputer beroperasi hanya pada pemrograman saja. Begitu pula dengan pikiran bawah sadar Anda, pikiran bawah sadar Anda juga seperti komputer, pikiran bawah sadar Anda dapat memprogram semua aktivitas yang sedang Anda kerjakan.

Tanpa Anda sadari atau tidak, Anda selalu memprogram ulang pikiran bawah sadar Anda. Jika perkataan dalam alam bawah sadar Anda mengatakan bahwa Anda gemuk, perokok, sukses, gagal, atau pun yang lainnya maka itulah yang akan Anda alami. Pemrograman ini telah berada pada pikiran bawah sadar Anda dan selalu melekat pada pikiran Anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *