Mengantuk setelah Makan Siang (2)


TIPS ATASI MENGANTUK SETELAH MAKAN SIANG

sleeping-on-desk-300x199

  1. Batasi gula dan lemak

 

Batasi makanan yang mengandung gula dan lemak saat makan siang untuk menghindari ‘kecelakaan energi’. Gula memang dapat memberikan dorongan energi yang cepat pada awalnya, namun akan habis dengan cepat pula sehingga membuat tubuh merasa lelah. Jika ingin makan makanan manis, pilihlah buah yang memiliki rasa manis alami.

 

  1. Makan karbohidrat kompleks

 

Konsumsilah makanan yang mengandung zat besi, protein dan karbohidrat kompleks. Zat besi memungkinkan tubuh memproduksi hemoglobin yang diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk meningkatkan energi. Sedangkan karbohidrat kompleks memberikan glukosa pada tubuh yang berfungsi sebagai bahan bakar yang membantu fungsi tubuh, namun dicerna dengan lebih lambat sehingga tidak cepat menaikkan gula darah.

 

 

  1. Jangan makan berlebihan

 

Batasi porsi makan siang dan hindari makan secara berlebihan. Mencerna makanan dengan porsi besar dapat membuat tubuh merasa lebih lelah dan cepat mengantuk.

 

  1. Bergeraklah lebih banyak

 

Agar tidak mudah mengantuk, lakukan latihan ringan seperti berjalan dengan semangat, loncat-loncat, peregangan, latihan pernapasan atau push-up. Latihan ringan ini akan dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah untuk meningkatkan energi.

 

  1. Minum air putih

 

Minum air putih setelah makan siang akan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Semua organ dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Kantuk adalah salah satu tanda tubuh sedang mengalami dehidrasi, jadi tidak cukup minum setelah makan siang bisa membuatnya lebih buruk.

 

  1. Cukup tidur di malam hari

 

Dapatkan minimal 8 jam tidur setiap malam untuk memberikan tubuh jumlah yang tepat untuk istirahat. Bangun pada saat yang sama setiap hari. sehingga tubuh selalu siap masuk ke rutinitas. Tidur terlalu sedikit dapat merusak jam biologis tubuh dan membuat Anda merasa lebih lelah di siang hari.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *