Pisahkan Makan dari beraktifitas?


makan sambil bekerja - chips 2Makan sambil bekerja atau menonton TV seolah sudah hal sangat normal belakangan ini.  Padahal sebetulnya, abaikan fokus terhadap proses makan akan sebabkan kebablasan makan dan kegemukan.

Makan cara inipun membuat seseorang tidak dapat menikmati kepuasan, karena fokus bukan lagi kepada rasa atau kenikmatannya.  Jarak antar suapan yang pendek dan biasanya terjadi konon menyebabkan orang mengkonsumsi makanan 2x lebih banyak dari biasanya.

Menghindari makan sambil beraktifitas sepertinya mudah, padahal sebuah tantangan luarbiasa, apalagi proses ini adalah proses perubahan dari kebiasaan yang sudah rutin sejak lama.

Ada tips yang bisa dilakukan :

–       Tatalah meja atau lokasi tertentu untuk makan atau untuk ngemil disaat lapar fisik. Selain lokasi ini, area lain menjadi lokasi larangan makan.

–       Bebaskan lokasi ini dari lokasi kegiatan apapun selain makan.

–       Percantik tempat makan atau tempat ngemil dengan peralatan yang menarik dan elegant, agar dapat menikmati makan sekaligus menyiapkan suasana tenant dan membahagiakan.

–       Apabila lokasi ini berdekatan dengan lokasi kegiatan non makan, tidak apa. Yang penting tetap terpisah walau berjarak setengah meter.

–       Ketika mengendarai mobil, berhentilah dilokasi yang memungkinkan.  Hindari cari alasan seolah hal ini berat untuk dilakukan.  Pasti bisa!

–       Jadikan makanan menjadi hal utama yang perlu diprioritaskan. Nikmati rasanya, nikmati suasananya dan tingkatkan segala hal yang akan mendatangkan kenikmatan pada proses makan ini.

–       Set tujuan : Makan tanpa penyesalan.

NUNNY HERSIANNA | twitter :nunny_h

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *