Apa itu metabolisme basal


 

Apa itu Metabolisme Basal

 

Bayangkan metabolisme anda itu bak tong bensin yang dibutuhkan oleh tubuh .

j15Metabolisme Basal adalah enerji minimum yang dibutuhkan dalam mempertahankan hidup.

Metabolisme basal adalah jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi dasarnya seperti bernafas, menggerakkan detak jantung, fungsi otak dan berbagai kegiatan didalam tubuh sepanjang waktu.

Bahkan ketika makan, melakukan penyerapan hingga memproses makanan juga membutuhkan kalori.

Intinya, semua bagian-bagian kecil dalam tubuh ibarat mesin yang membakar bensin  saat mereka bekerja.  Tidak pernah berhenti selama hidup, bahkan tetap bekerja saat tidur.  Persis sebuah mobil, dimana saat mobil menyala, bensin tetap digunakan.

Semakin kita bergerak atau beraktifitas, semakin banyak bensin yang dibakar. Contoh sederhananya, paru-paru membakar enerji saat bernafas. Mereka akan bekerja lebih berat saat naik tangga dibandingkan dengan saat duduk. Artinya, apapun yang kita lakukan diatas tingkat Basal Metabolisme, maka bensin (=enerji) yang digunakanpun akan semakin banyak.  Semakin kita aktif bergerak dikeseharian, maka semakin meningkat juga metabolisme kita.

Cara lain untuk meningkatkan metabolisme adalah dengan  berolahraga secara rutin.  Olahraga tidak saja bisa meningkatkan metabolisme, namun juga bisa membakar enerji dalam sel lebih cepat.

 

Otot membakar kalori

Otot disebut juga sebagai ” jaringan metabolik aktif” karena untuk menggerakkannya, otot membutuhkan enerji lebih banyak dibanding jaringan sel lainnya. Apabila otot dipakai lebih banyak dari yang biasanya, maka otot juga akan menyesuaikan dan enerji yang dipakaipun juga bertambah. Artikata lain, setiap tubuh meningkatkan jumlah aktifitas jaringan sel otot, kalori yang terbakarpun bertambah banyak. Persis seperti sebuah pabrik.

 

Tidak suka olahraga?

 

Apabila saat ini anda termasuk yang tidak suka olahraga, paling tidak bergeraklah lebih banyak dulu. Pengalaman saya,alumni golangsing yang dulu seperti anda, lama – lama meningkat kesadarannya dalam beraktifitas. Bahkan sebagian besar dari mereka menjadi gemar berolahraga.

 

Mulailah tingkatkan aktifitas dari hal yang termudah. Daripada duduk-duduk didepan TV, temani anak-anak bermain dihalaman. Daripada menyuruh pembantu rumah tangga, lebih baik ambil airminum sendiri dari dapur. Daripada naik lift, gunakan tangga di mall. Gunakan alat mengukur langkah agar anda lebih semangat meningkatkan aktifitas anda dikeseharian.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *