Mindful Eating disebutkan memiliki 3 langkah, yakni :


Mindful Eating disebutkan memiliki 3 langkah, yakni :

Makan tanpa gangguan

1. Makan tanpa gangguan

Dalam hal ini, makan tanpa makan gangguan adalah fokus pada makan tanpa melakukan apa-apa seperti makan sambil menonton TV, sambil bermain hp maupun sambil berbincang dengan keluarga, rekan kerja ataupun teman.

Perlambat ritme makan

 

2. Perlambat ritme makan

Apabila Anda makan terlalu cepat, Anda selalu merasa cepat kenyang. Maka, cobalah untuk makan dengan perlahan agar Anda bisa menikmati tekstur, aroma, dan juga rasa makanan yang Anda makan. Contohnya, Anda bisa menghitung kunyahan Anda sebanyak sekitar 20 kali untuk setiap sendok yang Anda suapkan. Namun, janganlah terlalu cepat karena ingin melakukan hal lain. Anda pun bisa sambil mendengarkan musik yang mendukung anda untuk makan perlahan.

Potong kecil makan

 

3. Potong kecil makan

Jika Anda sedang makan steak di restoran ataupun makan daging apapun di rumah atau dimanapun, cobalah untuk memotongnya terlebih dahulu sebelum Anda memakannya. Sama dengan pada saat Anda makan segenggam kacang atau popcorn. Yang pada awalnya Anda memakannya segenggam tangan, cobalah untuk mengubahnya menjadi memakannya satu butir tiap suapan.

 

 

Sumber: belajarbersamayosandy.wordpress.com, kompasiana.com, self-improvingblog.blogspot.co.id, www.pesona.co.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *