Ubah Perilaku, Putuskan !


UBAH PERILAKU, PUTUSKAN !

habits

Seseorang menjadi gemuk akibat mengulang kebiasaan yang telah dilakukan seumur hidupnya, dari baru lahir sampai usia sekarang, selama puluhan tahun.

Habit is a repetition = Kebiasaan terbentuk dari pengulangan perilaku. Anda dapat melangsing apabila sanggup membalik kebiasaan-kebiasaan itu. You can unlearn what you have done all these years.

Maka tidak ada cara lain. Untuk melangsing, Anda harus memimpin pikiran sendiri. Katakan Anda INGIN melangsing. Yakinlah bahwa Anda BISA melangsing. Buang segala keraguan. Upaya tidak akan berhasil apabila Anda memberi ruang sekecil apa pun bagi rasa ragu. Bagaimana mungkin Anda dapat sukses melangsing bila sejak awal Anda sudah ragu atau enggan mencoba, dan dipenuhi banyak alasan.

Keyakinan ini sangatlah penting. Dengan merasa yakin bahwa Anda bisa melangsing, maka segala energi pikiranpun akan terbawa dalam semangat tersebut. Sebaliknya, apabila ragu dan hanya memikirkan hambatan yang akan dihadapi, pada akhirnya fokus Anda terbawa ke sana. Alih-alih memikirkan bagaimana caranya mengatasi kesulitan yang akan dihadapi selama proses tersebut.

Saat ini, detik ini, PUTUSKAN bahwa Anda BISA melangsing!

Agar upaya mengubah perilaku dapat berhasil, yang perlu dilakukan hanyalah berfokus pada tujuan utama: MELANGSING.

Ketika hendak melangsing, pertama-tama coba tetapkan apa saja limiting belief yang selama ini menjadi penghalang Anda. Tuliskan dalam bentuk daftar atau poin per poin. Lalu, cari kebalikan dan keyakinan berbeda dari setiap limiting belief tersebut.

Misalnya, Anda yakin bahwa Anda memang ditakdirkan untuk berbadan gemuk. Ubah keyakinan itu menjadi kalimat positif, seperti misalnya, “Saya yakin setiap orang mempunyai kemampuan untuk berubah menjadi lebih baik” atau, “Saya yakin setiap orang mempunyai kendali untuk mendapatkan bentuk tubuh yang mereka idamkan”.

Pikiran positif itu penting. Intinya, fokuskan diri hanya pada pikiran bahagia dan ulangi pemikiran positif sesuai dengan tujuan yang diinginkan.  Contoh:

  • ‘Saya turun 0.5kg! Saya hebat! Perlahan tapi pasti!’
  • ‘Saya mampu hanya makan setengah porsi dari yang saya ambil.’
  • ‘Saya bisa katakan TIDAK pada makanan penutup.’

Sumber: Buku HEGL (Happy Eating GoLangsing).  Klik disini

info kelas: Klik Disini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *