MINDFUL EATING – tajamkan kepekaan indera


mindful eating

Mau langsing sehat ? Mulailah dengan fahami mindful eating.

Caranya,

Saat anda makan, tajamkan indera.

FUNGSI TELINGA untuk mendengar.  Perhatikan suara kunyahan, cermati bahwasanya telinga anda bisa dengar bagaiman gigi geligi anda mengunyah, bagaimana bunyi setiap jenis makanan.

FUNGSI MATA untuk mlihat.  Perhatikan tampilan warna satu persatu.  Tampilan yang mana yang sebenarnya tadi anda sukai.  Bagaiman kombinasi warna pada makanan anda.  Menurut anda, mana yang warna asli/natural, dan mana yang warna buatan.

FUNGSI HIDUNG untuk mencium.  Perhatikan adakah aroma yang sebetulnya memegang peran sehingga anda semangat makan.  Masih bisakah anda mencium aroma itu ditengah proses makan anda?

FUNGSI LIDAH untuk mengenali rasa dan tekstur makanan.   Dari 1 hingga 10, berapa nilai rasa manis makanan itu.  Adakah asin, pedas, pahit atau rasa lainnya?  Bisakah anda membuktikan “rasa ayam” yang mungkin ada pada label makanan anda? Betulkah yang anda makan itu kentang? Atau… tepung kentang?

Tajamkan indera anda dan perhatikan bagaimana anda benar benar menikmati setiap perbedaan yang ada dan terjadi.

Saat mengunyah, berhentilah sejenak diantaranya atau sebelum menelan sekedar untuk benar -benar menikmati seolah anda baru pertama kali makan makanan itu.
Dengan berlatih terus menerus, maka indera anda akan semakin peka dan semakin cepat dapatkan kepuasan tanpa harus makan terlalu banyak. 

Setelah membaca buku saya HAPPY EATING GOLANGSING tentu akhirnya anda memahami bahwasanya menggigit makanan dalam ukuran lebih kecil akan membantu memperlambat kunyahan dan menyebabkan enzym pencernaan yang berasal dari mulut akan bekerja lebih baik.

Makan dengan Mindful otomatis akan membantu mengoptimalkan proses penyerapan makanan ke seluruh tubuh.

 

nunnyhersianna@golangsing.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *