Melatih Pikiran Untuk Langsing


Obesitas VS Overweight

Seringkali orang menyamakan istilah obesitas dengan kelebihan berat badan (overweight), padahal kedua istilah tersebut mempunyai pengertian yang berbeda.

Obesitas adalah keadaan akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebih, sehingga berat badan seseorang jauh di atas normal dan dapat membahayakan kesehatannya. Sedangkan kelebihan berat badan (overweight) diartikan sebagai kelebihan berat badan dimana keadaan berat badan seseorang melebihi berat badan normal.

Maka dari itu, seseorang yang overweight belum tentu obesitas, namun seseorang yang obesitas sudah dapat dipastikan dirinya overweight.

Lemak sebenarnya memiliki fungsi menyimpan energi, namun bila jumlah yang terdapat dalam tubuh berlebihan akan mengakibatkan efek negatif.  Obesitas akan muncul apabila jumlah proporsi lemak yang ada pada tubuh melebihi 20% dari proporsi tubuh.

Ada beberapa penyebab kegemukan. Menurut Amaryllia Puspasari dalam bukunya Fat Book; Rich in thin fat Life, dikatakan bahwa hal sederhana untuk mengetahui apakah kegemukan berasal dari faktor genetik atau prilaku dapat dilakukan dengan melakukan analisa terhadap potensi probabilitas dalam keluarga. Apabila faktor genetik dominan menjadi penyebab obesitas, maka probabilitasnya ditemukan 50% pada keluarga inti. Lainnya akan lebih disebabkan kepada prilaku.

Hampir seluruh perempuan di dunia pernah melakukan diet, namun sedikit dari mereka yang melakukan diet dengan cara yang benar.

Faktanya, heboh diet juga merupakan salah satu penyebab kegemukan. Banyaknya kesalahan dalam berdiet menyebabkan seseorang keluar jalur dari aturan standar yang ditetapkan saat berdiet dengan melakukan kombinasi makanan dan minuman di dalam hidangan makan yang dikonsumsi sehari-hari dan sebagai cara menurunkan berat badan yang dipengaruhi oleh faktor eksternal misalnya obat/suntikan/pil/cara apa pun yang bukan berasal dari diri sendiri dan dilakukan dengan terpaksa karena sulit dan tidak selaras dengan sistim kerja tubuh yang melakukannya.

Keinginan makan karena aturan berdasarkan waktu makan atau boleh tidaknya mengambil makanan dan bukannya berdasarkan intuisi tubuh akan membuat seseorang tidak lagi mengenali sinyal tubuhnya sendiri. Ia akan makan ketika justru sedang sangat kelaparan, atau malah membiarkan tubuhnya kelaparan.

Kebiasaan mengukur, menimbang dan menggantungkan diri dengan faktor luar untuk menghindari makan berlebih dampaknya justru menjadi sebuah aturan dan tanpa disadari lebih bertujuan untuk pemenuhan tata tertib dan kedisiplinan pada aturan itu daripada untuk diri sendiri.

Sebenarnya, diet memiliki arti pola makan yang sehat. Namun kenyataannya, diet seringkali diartikan sebagai upaya untuk menurunkan berat badan.

Ketika seseorang makan bukan karena rasa lapar yang sesungguhnya, misalnya karena emosi, tubuh tidak punya pilihan lain selain bekerja keras dan menyimpan kelebihannya. Kelebihan ini akan tersimpan dalam bentuk lemak dan membuat badan menjadi kurang berenergi, bahkan mengantuk dan membuat berat badan naik. Dan ketika mengabaikan kebutuhan tubuh, seseorang akan lepas dari kendali pikirannya.

Maka dari itu, perlu ada cara sederhana agar terlepas dari ketidakseimbangan emosi.

Ketika sedang khawatir, misalnya, apa yang menyebabkan kekhawatiran itu? Temukan jawabannya. Ketika ketemu, penuhi kebutuhannya. Misal saja, keresahan yang tidak jelas, segera cari tahu mengapa. Mendengarkan atau menghadapi suasana hati atau emosi seperti ini dan bukan lari darinya akan menyelamatkan diri dari suasana hati yang berubah-ubah (mood swing).

Melatih pikiran dapat dilakukan untuk membentuk kebiasaan baru. Mengijinkan pikiran untuk memiliki kebiasaan makan yang salah dan menjadi gemuk, maka akan tampak hasil bahwa menjadi gemuk adalah hal yang wajar dan boleh dilakukan.

PIKIRAN ADALAH RAJA UNTUK DIRI SENDIRI, dan pikiranlah yang memengaruhi semua tindakan kita. Orang yang memiliki tujuan melangsing sepatutnya memiliki imajinasi seperti apa ia ingin langsing nanti. Imajinasi berbeda dengan khayalan. Imajinasi di sini merupakan sebuah kepastian tujuan.

go LANGSING !

www.golangsing.com | tips langsing

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *