7 Kebiasaan Mindful Yang Akan Membuat Lebih Produktif


kebiasaan mindful

 

Kebiasaan Mindful merupakan kebiasaan yang dilakukan dengan penuh kesadaran. Mindful sendiri berarti memberi perhatian khusus, melakukan hal dengan sadar tanpa menghakimi. Saat Mindful, anda melakukan suatu aktivitas tanpa memikirkan aktivitas lain.

Agar lebih mudah dipahami, kita berikan contoh saja. Contohnya: bangun tidur anda langsung mandi setelah itu berganti pakaian lalu sarapan. Saat sarapan anda juga memegang ponsel dan membalas chattingan teman tentang pekerjaan. Hal yang anda lakukan tersebut ternyata terjadi begitu saja tanpa anda rasakan.

Mengapa hal seperti itu bisa terjadi? Alasannya karena pikiran anda bercabang atau melayang ke berbagai hal seperti memikirkan masalah pekerjaan atau masalah lain. Karena kebiasaan inilah, upaya mindful diperlukan.

 

Cara Melakukan Praktik Kebiasaan Mindful

Untuk melakukan kebiasaan mindful mudah saja. Anda hanya perlu menghayati dan merasakan semua hal yang anda lakukan. Misalnya saat sedang sarapan. Saat sarapan jangan memegang ponsel, menonton TV, atau melakukan aktivitas lainnya. Fokuslah pada sarapan, rasakan saat makanan masuk ke mulut anda, rasakan saat proses mengunyah dan proses lainnya.

Anda harus bisa melakukan sarapan dengan sadar, tidak memikirkan hal lainnya kecuali sarapan yang anda makan. Kalau bisa pusatkan perhatian pada kelima indera anda. Apa yang dilakukan dan dirasakan oleh lidah, hidung, mata, telinga, dan tangan anda. Rasakan sensasinya. Jika ada hal yang mengganggu pikiran, tuliskan saja agar nanti bisa anda baca lagi, lalu setelah menulis kembalilah fokus pada apa yang sedang anda lakukan.

Kebiasaan Mindful mirip dengan saat melakukan meditasi. Bedanya anda tidak hanya duduk diam. Anda menyisipkannya di aktivitas sepanjang hari sehingga bisa dikatakan bahwa mindful itu ibarat meditasi yang disisipkan dalam kegiatan sehari-hari.

 

Kebiasaan Mindful yang Bisa Anda Coba Praktikkan :

  1. Mengembangkan satu kebiasaan positif pada satu waktu

Cobalah untuk memiliki kebiasaan positif dan pertahankan kebiasaan tersebut sehingga lama kelamaan menjadi alami. Setelah berulang dilakukan, kebiasaan tersebut akan timbul setiap hari secara alami.

  1. Berlatih untuk bersyukur

Dengan bersyukur anda bisa merasakan sebuah kebahagiaan setiap harinya. Situasi paling sulit pun terasa enteng dan melegakan jika anda mau bersyukur.

  1. Merasakan pergerakan kaki dan telapak tangan

Anda bisa mengepalkan tangan lalu melepaskan, mengepalkan lagi lalu melepaskan lagi, begitu seterusnya. Berlaku pula untuk jari-jari kaki. Gerakkan jari kaki anda. Rasakan pergerakan pada tangan dan kaki tersebut. Kebiasaan Mindful satu ini merupakan bentuk kesadaran diri akan alat gerak yang mampu membawa anda sampai saat sekarang.

  1. Memperhatikan lingkungan

Perhatikan lingkungan di sekitar anda dan amati hal yang sedang terjadi. Anda bisa mencobanya dengan cara berjalan-jalan di taman, pantai, atau tempat indah lainnya. Rasakan semua suara, aroma, benda, dan gerakan-gerakan yang terjadi.

  1. Menghirup napas dalam-dalam

Tarik nafas dalam-dalam, hitung sampai tiga lalu buang. Lakukan lagi beberapa kali. Saat melakukan rasakan bagaimana udara masuk dan keluar, rasakan oksigen yang memenuhi paru-paru anda, dan rasakan pergerakan bagian-bagian di tubuh anda.

  1. Mematikan hal yang membuat bising

Perangkat yang membuat kebisingan seperti TV, smartphone, tablet, laptop, dan lainnya matikan untuk sementara waktu. Setelah terbiasa melakukannya, anda akan mendapati bahwa diri anda tidak merindukan kebisingan, begitu pula kebisingan yang tidak merindukan anda.

  1. Perhatikan apa yang anda makan

Saat ingin makan, perhatikan apa yang anda makan, darimana asal makanan. Tidak perlu menghitung kalori atau nilai gizinya. Nanti lama kelamaan anda bisa langsung mengetahui mana makanan yang membuat tubuh anda sehat dan mana yang tidak.

Kebiasaan Mindful membuat anda jauh lebih produktif, karena menjalankan keseharian dengan lebih cermat.

Mindful bisa anda pelajari lebih lanjut di situs golangsing.com. Golangsing mengutamakan mindful dalam menyelesaikan suatu persoalan, baik itu dalam mengatur pola makan ataupun hal penting lainnya. Apabila anda tertarik belajar lebih lanjut tentang kebiasaan mindful, anda bisa langsung menghubungi kontak person yang telah disediakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *