15 menit antara perut dan otak


Di pesta kemarin, saya perhatikan orang yang lebih gemuk cenderung makan lebih cepat. Melahap makanannya hampir tanpa jeda.

full stomach - perutDan sebaliknya, ada sebagian orang yang makan dengan cara santai.

Cara kedua ini adalah cara yang bijak, karena sebenarnya perlu waktu sebanyak 15 – 20 menit bagi otak untuk menerima pesan bahwa perut sudah kenyang.

Padahal, dalam jarak waktu tersebut bisa jadi kita makan lebih banyak daripada yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Bayangkan…15 menit! Jangan-jangan kita malah beberapakali lipat dalam kurun waktu itu!

Dan bisa jadi, akibat makan berlebihan selama itu, perut kita menjadi melar, sehingga pada kesempatan lain, kita justru butuh makanan lebih banyak lagi untuk membuat perut kita merasa kenyang.  Sementara, perasaan kenyang ini tidak ada kaitannya dengan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pantas saja, orang perancis jarang ada yang besar. Tubuh mereka, kebanyakan ramping.

Dan apabila dikaitkan dengan pola makan, orang perancis biasanya makan dengan seni, yaitu menikmati makanannya satu persatu, tidak terburu-buru.

Cara orang perancis

Cara orang perancis bisa ditiru, misalnya saja, dengan cara berhenti di 10 menit pertama saat makan, lalu kita nikmati dulu dengan minum air putih sedikit demi sedikit. Nikmati suasana sekeliling, dan nikmati kebersamaan dengan rekan makan anda. Bahkan, pada jamuan makan bisnis, kesempatan ini bisa dijadikan ajang diskusi.

Diamati, apakah sepuluh menit pertama sudah mendatangkan rasa nyaman di perut. Tentu saja setelah kita perbaiki juga cara makan kita dengan santai, baik dan sadar.

Makan dengan sadar, sebenarnya dapat dilatih dengan mengenal lebih baik indera pengecap dan bagaimana sistim organ tubuh kita bekerja. Silahkan anda klik link dikalimat sebelum ini, untuk memahaminya.

Selamat mencoba!

Be Happy and Love your Body!

NUNNY HERSIANNA

www.golangsing.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *