4 langkah Mindful Eating


4 langkah Mindful eating .

Pernahkah anda merasa tidak fokus, lelah dan emosi lalu anda lupa apakah tadi sudah makan atau belum?

Pernahkah ketika anda sedang tidak sehat, stress dan kelebihan berat badan lalu anda makan terburu-buru yang penting asal makan saja?

cereal-898073_1280Saya pun pernah seperti itu. Ibaratnya hidup ‘mindless’ alias tidak fokus atas apa yang dilakukan.

Selain gaya sehari-hari, dulu disekitar tahun 2003 saya juga pernah melakukan diet dengan pola yang cukup ekstrim ditambah olahrga yang berlebihan sekedar untuk menghilangkan kelebihan lemak 10 kg dari tubuh saya.

Mengerikan juga saat mengingat bahwa sayapun pernah mengidap penyakit astma menahun yang saya pikir bakal saya alami sepanjang hidup saya.  Bahkan, belakangan ini saya sempat di vonis miliki penyakit hypothiroid.

Bayangkan! saya ada di kegiatan ini, namun salah satu tanda tanda hipotyroid adalah badan yang menggemuk padahal hanya mengkonsumsi jumlah makanan yang sama dengan sebelumnya.

Namun belakangan ini saya meningkatkan kesadaran saya untuk bisa makan dengan lebih sadar / mindful dan meningkatkan kepedulian baik terhadap makanan maupun tubuh saya sendiri.   Saya mempelajari apapun yang perlu saya ketahui dengan penuh kesadaran.  Saya berupaya memahami sistim kerja tubuh saya sendiri.

Hanya dengan mengubah pandangan saya dan memprogram ulang pikiran  sehingga perilaku keseharian saya membaik, penyakit tersebut pergi dengan sendirinya.

Ternyata mempraktekkan Mindful Eating juga melatih kepedulian terhadap hal-hal lain seputar kehidupan.

Apa itu Mindful Eating?

Mindful eating adalah sebuah cara untuk bisa makan secara sadar dan tau betul tentang APA dan BAGAIMANA anda makan. Dengan ‘mindful eating’ anda bisa makan dengan penuh rasa syukur, tau betul rasa apa saja yang muncul disetiap kunyahan, dan tau betul proses lumatnya makanan.  Cara inipun akan membuat anda lebih mencermati bagaimana pola makan dan kebiasaan anda memperlakukan makanan setiap harinya.  Semakin anda memahami tubuh dan menselaraskan kebutuhannya, maka akan semakin cerdas dalam menentukan pilihan makanan.

 

4 langkah ‘Mindful Eating’ yang perlu diperhatikan.

 

#1 BERSYUKURLAH

Sebelum makan, siapkan waktu khusus untuk bersyukur dan betul-betul memberi penghargaan pada makanan anda. Berikan juga rasa hormat anda kepada kecerdasan tubuh bahwasanya ia miliki indera rasa, dan kemampuan mencerna .

Berdoalah. Ucapkanlah syukur kepada makanan dan semua pihak yang berperan sampai akhirnya makanan itu tersaji dihadapan anda.  Saat anda bersyukur, hadirkan kebahagiaan untuk setiap kunyahan nanti.

Bahkan di kelas saya mengajak peserta untuk melakukan pernafasan khusus untuk menenangkan pikiran.

 

#2 PILIHLAH MAKANAN DENGAN CERDAS

Sejak kecil anda miliki kebebasan memilih makanan.  Itu sumber daya yang luar biasa.  Namun kebebasan bukan berarti anda bisa makan apa saja tanpa menggunakan logika untuk bisa hidup sehat dan bahagia.

Karena itu, saat memilih makanan, gunakanlah kemampuan untuk bisa memilih dengan Variatif, Moderat dan Seimbang.  Yakini bahwa anda cerdas, dan anda adalah seorang yang bijak untuk bisa memberikan hal terbaik untuk tubuh anda.

Apa yang harus dipilih? Apa saja yang berikan manfaat lebih dan tidak sekedar asal masuk.

‘Mindful Eating’ dimulai dari  SADAR MANFAAT.  Itu kuncinya.

 

#3 KUNYAH MAKANAN DENGAN SEKSAMA

Saat makan, pastikan mengunyah dengan baik. Perhatikan keragaman tekstur, dan rasa pada makanan anda.   Sebab saat anda terburu-buru, maka andapun akan sulit mengendalikan diri sehingga baru berhenti makan saat terlalu kenyang dan perut tidak nyaman.

Sebaliknya, saat anda makan dengan ‘mindful’, maka akan lebih mudah mencermati sinyal tubuh dan stop saat merasa CUKUP atau stop sebelum kenyang.

Saat anda mengunyah anda dapat menvisualisasikan atau mengimajinasikan bagaimana makanan tersebut memenuhi prinsip kesehatan, kebahagiaan dan kebugaran diri anda.

 

#4 MAKANLAH DENGAN ELEGAN

Satu lagi pengalaman yang saya dapatkan.  ‘Mindful eating’ mengubah diri saya sehingga saya lebih menghargai kehidupan, dan dapat makan dengan lebih elegan.

Kapanpun anda makan, duduklah dengan sempurna.  Biarkan dalam posisi rileks dan makanlah dengan tenang agar proses metabolisme berjalan dengan baik.  Ciptakan suasana makan yang elegan dan menyenangkan.  Gunakan alat makan yang terbaik yang anda miliki.  Kalau perlu hiasi meja makan anda dengan perlengkapan pendukung yang menarik, seperti vas bunga .

Anggap diri anda seorang bangsawan ketika anda makan.  Milikilah mental berkelimpahan dimana anda merasa bahwa anda bisa makan kapan saja dan tidak akan kehabisan makanan.  Makanlah seperlunya, ‘esok kan masih ada’.

Makanlah setenang mungkin sehingga hormon pencernaan yang diproduksi di saliva anda benar-benar bersatu dengan makanandan menyempurnakan proses metabolisme.

4 langkah ‘Mindful Eating’ diatas akan membangun hubungan baik antara makanan dan tubuh anda sendiri. Ingatlah pepapah nenek moyang, ‘Siapa anda dimulai dari apa yang anda makan’.

Tambahan saya : ” Siapa anda dimulai dari MENGAPA atau APA ALASAN anda makan, APA yang anda makan, dan BAGAIMANA cara anda makan”

Selamat hidup dengan Mindful!

-nunny hersianna-

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *