Mindful eating masih merupakan tantangan?


 

Mindful Eating masih merupakan  tantangan?

Anda sudah tau bahwa ‘mindful eating’ akan membuat anda bisa makan nikmat namun tidak perlu berlebihan.  Namun mungkin anda masih dalam proses belajar .

Ada beberapa strategi agar membangun kebiasaan makan dengan mindful akan menjadi lebih mudah untuk anda.

2560

Coba ikuti trik berikut ini agar anda tidak makan terlalu banyak atau terlalu cepat. Sehingga, diakhiri dengan penyesalan :

1. Makanlah dengan potongan yang lebih tipis.

Cobalah, potong lauk anda seperti daging, ayam atau ikan dalam ukuran yang lebih tipis. Setelah itu, tetaplah ambil seperti porsi biasanya. Anda akan berpikir itu porsi yang biasa. Padahal, karena ukurannya lebih tipis, tentunya yang masuk kedalam perut akan lebih sedikit.

2. Gunakan piring lebih kecil

Ambilah makanan dengan gunakan piring kecil semacam piring salad. Dengan cara ini, anda akan mengambil secukupnya. Tidak seperti biasanya, yang cenderung mengisi piring besar anda hingga penuh dan memakannya semua.
Satu hal yang dapat mempengaruhi anda dengan cara ini adalah, anda akan cenderung makan lebih tenang. Dan andapun bisa dapatkan rasa puas. Itu karena otak anda akan berpikir, memang hanya itulah jatah untuk anda.

3. Gunakan sendok kecil bahkan sumpit.

Makan dengan sendok kecil memang agak aneh di awal. Namun, cara ini akan membuat anda lebih memperhatikan rasa yang ada di setiap suapan. Semakin dirasa, semakin lekas puas.

4. Gunakan Gelas dengan ukuran lebih kecil

Cara ini digunakan apabila anda minum minuman berkalori saat makan, seperti teh manis, soda dan semacamnya. Untuk lebih aman, minumlah air putih saat anda makan, karena air putih tidak mengandung kalori.

5. Kurangi porsi sedikit demi sedikit.

Anda juga bisa mencoba dengan cara mengurangi salah satu jenis makanan saja dulu, bukan keseluruhannya. Atau, bisa juga mulailah meninggalkan sisa makanan diatas piring dan bukan menghabiskannya. Tentu saja sisa ini tidak perlu dibuang. Anda bisa memakannya saat tiba lapar fisik berikutnya.

Ingatlah, mempersiapkan porsi bukan berarti memberi jatah kepada lambung anda.  Saat mempraktikkan ini, tetaplah fokus pada sinyal tubuh anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *