Penyebab Diet Anda Selalu Gagal – CNN indonesia


Jakarta, CNN Indonesia

Kini semakin banyak perempuan yang menjalani program diet.  Mulai dari OCD, food combaining, diet mayo dan beragam diet lainnya. Menjalankan diet tentunya tidaklah mudah. Dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk mematuhi semua aturannya.

Dengan memenuhi seluruh aturannya pun, belum tentu program diet Anda akan berhasil. Mungkin berhasil, tapi hanya dalam waktu singkat. Atau justru tidak berhasil sama sekali malah merasa diri semakin gendut.

Jika hal itu terjadi, bisa jadi diet yang Anda jalani salah dan tidak cocok untuk diri Anda. Master Practitioner of Neuro Lingusitic Programming (NLP) yang sekaligus pendiri Go Langsing, Nunny Hersianna menjelaskan ada beberapa hal yang bisa memicu diet yang gagal.

Mengutip bukunya yang berjudul, Happy Eating Go Langsing, berikut beberapa hal yang membuat diet Anda gagal.
1. Diet yang Menghabiskan Energi

Tak jarang diet membuat pelakunya kelelahan karena melakukan sesuatu yang terpaksa dan menyiksa.

Contohnya, ketika sedang mendamba suatu makanan yang dinilai terlalu berlemak dan bisa menambah bobot tubuh, Anda memutuskan memakannya meski sedang diet. Ya, namanya juga ngidam. Begitu alasannya.

Setelahnya, nafsu terpuaskan tapi Anda merasa berdosa. Akhirnya Anda hantam habis-habisan dengan olahraga. Atau bahkan mengeluarkan kembali makanan yang sudah dikonsumsi dengan cara yang menyiksa tubuh.

2. Diet yang Memancing Ngemil

Pelaku diet biasanya sering sekali menghindari makanan. Tapi, tanpa ia sadari makanan itu justru membuatnya terobsesi.

Nunny menuliskan makanan yang terlarang biasanya jadi memiliki nilai tinggi. Ketika nilainya semakin tinggi sehingga timbul rasa penasaran yang berlebihan.

Saking penasarannya, akhirnya lama-lama mencoba dan ketagihan. Pelaku diet yang suka ngemil ini biasanya dipenuhi rasa penyesalan dan cenderung mengakhiri program dietnya karena merasa gagal.

3. Diet Salah Arah

Diet memutuskan kepekaan seseorang dengan perasaan lapar dan kenyang yang sebenarnya dimiliki sejak lahir. Misalnya saja, ketika rasa lapar melanda, tapi belum waktunya makan.

Tapi saat tidak lapar, waktu makan berdasarkan program diet justru tiba. Ini jelas tidak sesuai dengan diri setiap manusia di mana pun.

Hal inilah yang menyebabkan diet sering tidak berhasil. Padahal Nunny menuliskan, mengelola berat badan bukanlah mengikuti pola makan semata, tapi juga perilaku diri, dalam hal ini soal makan.

4. Diet Menurunkan Metabolisme

Nunny menekankan, menahan lapar adalah cara terburuk untuk menjadi langsing. Tubuh manusia membutuhkan keseimbangan antara energi yang masuk dan energi yang dibakar demi memelihara berat badan di angka normal.

Ketika jumlah energi yang masuk di bawah batas, tubuh berada dalam keadaan kritis dan akan mengambil stok energi yang ada, biasanya dari otot dan hati. Hal ini sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kerusakan jaringan dan mengganggu metabolisme.

 

sumber : http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150511111648-255-52465/penyebab-diet-anda-selalu-gagal/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *