ATASI HOBBY MAKAN


Anda hobby makan ? Tidak usah khawatir.  Selain anda sudah tau bagaimana cara untuk melakukan Mindful Eating, perhatikan juga ke empat tips ini :

 

  1. Sering-seringlah jalan kaki

Image result for olahraga jalan kaki

Jalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga ringan yang terbukti ampuh menurunkan berat badan. Menurut penelitian, berjalan kaki santai selama 30 menit dalam sehari dapat membakar 75 kalori. Apabila kamu menambah kecepatan dan durasinya tentu akan makin besar pula kalori yang dibakar.

Karena itu mulai sekarang jangan malas berjalan kaki. Kalau bisanya kamu pergi beli camilan menggunakan motor gantilah dengan jalan kaki. Kurangi juga penggunaan lift dan lewatlah tangga saat sedang ada di kantor. Kamu juga harus mau pergi membeli makan siang sendiri dan tidak minta tolong office boy jika memang ingin kurus walau sering makan.

 

  1. Batasi konsumsi makanan yang digoreng

Image result for gorengan

Tidak dapat dipungkiri kalau makanan berminyak adalah sumber lemak berbahaya bagi tubuh. Bukan cuma merusak kesehatan saja makanan berminyak juga dapat menyebabkan naiknya berat badan. Karenanya jika tidak ingin hal tersebut terjadi kamu harus membatasi asupan makanan yang digoreng. Sebagai gantinya konsumsi makanan yang proses masaknya dikukus ataupun di rebus. Atau jika masih penasaran, makanlah dengan mindful agar bisa tetap puas dengan jumlah yang sedikit saja.

 

  1. Pastikan sarapan

Image result for breakfast family

Tidak sedikit orang yang mengira bahwa dengan melewatkan sarapan bisa menurunkan berat badan. Padahal anggapan ini jelas salah karena ketika tidak sarapan biasanya saat makan siang kita cenderung lebih rakus. Karenanya menurut para ahli kita disarankan untuk selalu sarapan di pagi hari sebelum melakukan aktivitas.

Pentingnya sarapan untuk menjaga berat ideal badan didukung oleh penelitian dari American Journal of Epidemiology yang menyebutkan orang yang sarapan rata-rata hanya bertambah bobotnya sebesar 0,85 kg. Sementara bagi mereka yang tidak sarapan berat badannya justru naik sekitar 1,5 kg. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sarapan justru membantu kita menjaga berat badan.

 

  1. Olahraga teratur

Image result for stretching

Selain jalan kaki kamu juga harus melakukan olahraga secara teratur. Tujuannya adalah untuk membuat tubuh bugar dan yang terpenting tubuh bisa membakar kalori yang masuk. Menurut jurnal penelitian Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism dalam seminggu idealnya seorang manusia melakukan olahraga selama 150 menit agar tetap bugar dan berat badan berada pada angka normal.

 

Sumber: kharisma-woman.de, life.idntimes.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *