Mood and Food


Apakah Anda selalu merasakan sensasi yang berbeda pada saat Anda memakan jenis makanan yang berbeda? Atau pernahkah Anda setelah makan bukannya merasakan lebih segar atau semangat, malah Anda menjadi lemas dan atau pada saat Anda bangun tidur Anda merasa kelelahan? Atau merasakan hal lainnya seperti kecewa, cemas, tertekan dan hal lainnya? Itu adalah salah satu pertanda bahwa ada pola makan atau suatu mekanisme yang tidak beres atau salah pada diri kita.

You are What You Eat mewakili ungkapan tentang hubungan antara apa yang anda makan dengan suasana hati anda hari ini. Betulkah?

Pada dasarnya makanan tak hanya berpengaruh terhadap kesehatan fisik, tetapi juga mental.

Apabila anda sedang mengalami depresi atau ingin menghilangkan perasaan sedih Anda, pastikan makanan yang Anda pilih bisa membantu Anda untuk mengurangi stres, kecemasan dan melawan depresi. Hal ini dikarenakan kadang makanan yang Anda makan justru bisa membuat mood Anda bertambah buruk.

Selain makanan, ada juga yang bisa membuat mood Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya, yaitu olahraga dan aktifitas fisik.

Mekanisme yang bertanggung jawab akan perbaikan suasana hati Anda pada aktifitas fisik dan juga olahraga, yaitu:

  1. Monoanim, yang dikenal sebagai suatu neurotransmiter dan neuromodulator. Penurunan neurotransmiter ini selalu dihubungkan dengan kejadian depresi.
  2. Endorfin, yang lebih dikenal sebagai morfin yang asli diproduksi oleh tubuh kita yang memberikan rasa nyaman dan juga pengurangan rasa nyeri.

Ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui agar suasana hati Anda selalu dalam keadaan baik. Fakta-fakta tersebut adalah sebagai berikut:

 

  1. Rutin Sarapan

Related image

Biasakanlah untuk sarapan di pagi hari dikarenakan apabila Anda sarapan, akan ada efek yang baik bagi tubuh Anda, yang diantaranya adalah kesehatan tubuh akan terasa lebih baik, daya ingat lebih tajam, pikiran rileks, dan yang paling penting, Anda akan merasa enerjik sepanjang hari.

Apabila anda tidak sarapan, maka anda akan merasa bad mood.

 

  1. Jangan Abaikan Vitamin D

Image result for vitamin D

Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa apabila kekurangan vitamin D, rentan akan mengakibatkan depresi. Namun, apabila kelebihan vitamin D  juga akan mengakibatkan stres. Jadi, kita harus bijak dalam mengkonsumsinya karena hal ini menjadi pilihan yang tepat.

  1. Hindari Konsumsi Kafein Berlebih

Image result for excessive coffee

Mungkin minum minuman yang berkafein bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik bagi para pecinta kopi.Tapi, kalau tubuh anda sensitif terhadap minuman berkafein malah akan membuat depresi bertambah parah.

  1. Cerdas Memilih Karbohidrat

Image result for karbohidrat choice

Jangan pernah membuang karbohidrat dari daftar menu Anda, tapi cobalah pilihlah karbohidrat dengan bijak seperti buah-buahan, kacang-kacangan serta sayuran yang kaya akan serat dan nutrisi.

  1. Konsumsi Asam Lemak Omega 3

Image result for protein

Makanan seperti kacang kenari, biji rami dan juga ikan adalah makanan yang mengandung asam lemak omega-3, karena omega-3 bisa membantu anda agar anda tidak lagi merasa depresi.

  1. Protein Adalah Sumber Makanan Terbaik

Image result for lemak omega 3

Makanlah makanan yang mengandung protein karena protein memiliki asam amino yang bisa membantu otak dalam mengontrol suasana hati. Makanan yang mengandung protein yang baik adalah telur, kacang, daging tanpa lemak, keju, biji-bijian, dan kedelai.

Sumber : kompasiana.com rona.metrotvnews.com, hellosehat.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *