CARA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA DENGAN MEMPERBAIKI KEBIASAAN MAKAN


cara meningkatkan produktivitas kerjaCara meningkatkan produktivitas kerja karyawan banyak dicari oleh manajemen SDM suatu perusahaan, pemiliki perusahaan, ataupun karyawan sendiri. Jika anda merupakan salah satunya makan artikel ini dapat membantu anda. Kali ini kita akan membahas tentang peningkatan produktivitas dengan cara memperbaiki kebiasaan makan.

Kebiasaan makan sangat berpengaruh karena makanan merupakan sumber energi yang bisa menentukan apakah karyawan bisa semangat bekerja atau tidak. Namun sebelum membahas tentang pengaruh makanan pada produktivitas kerja, ada baiknya kita mengetahui keuntungan-keuntungan yang bisa didapat jika karyawan sehat.

 

Keuntungan Memiliki Karyawan Sehat

Cara meningkatkan produktivitas kerja dengan memperbaiki kebiasaan makan karyawan mampu membuat karyawan tetap sehat. Apabila anda memiliki karyawan yang sehat, maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari segi keuangan dan produktivitas. Karyawan yang sehat akan mengurangi pengeluaran biaya karena mereka akan fokus dan sadar saat bekerja sehingga kemungkinan terjadi kecelakaan sangat kecil.

Dengan tubuh yang sehat, tingkat stress karyawan berkurang dan mereka pun tahan terhadapa virus atau penyakit yang menyerang sehingga kemungkinan adanya penyakit menular di lingkungan kerja sangat kecil. Perusahaan yang mengadakan upah atau gaji sakit akan mengalami keuntungan. Banyaknya karyawan yang sehat membuat perusahaan tidak mengalami kerugian.

Biasanya ada biaya tersendiri untuk karyawan yang sakit. Nah jika karyawan semuanya sehat maka pengeluaran untuk biaya tersebut tidak besar. Karyawan yang tidak sakit juga akan terus bekerja sehingga produktivitas kerja akan meningkat. Menurut beberapa penelitian, kinerja karyawan akan meningkat 25 % jika karyawan mengkonsumsi makanan sehat, meningkat 15 % jika karyawan berolahraga secara teratur.

Karyawan yang sehat juga akan lebih percaya diri, lebih memiliki jiwa pemimpin, tujuan akan mudah tercapai, kerja sama tim menjadi lebih baik, suasana kerja lebih menyenangkan, dan tentunya perusahaan mendapatkan citra yang positif.

 

Cara Memperbaiki Kebiasaan Makan Karyawan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, cara meningkatkan produktivitas kerja dan cara untuk membuat karyawan sehat adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Sayangnya hanya sebagian kecil perusahaan yang menerapkan cara satu ini padahal cara inilah yang memiliki pengaruh besar. Apabila perusahaan anda atau tempat anda bekerja belum menerapkan perbaikan kebiasaan makan karyawan, maka anda bisa memulainya dengan beberapa cara berikut.

 

  1. Menyediakan makan siang bagi karyawan

Perusahaan bisa memberikan jatah makan siang pada karyawan. Makan siangnya tentu yang harus bergizi dan mengandung banyak nutrisi. Cara satu ini memang terkesan ruwet dan membutuhkan banyak biaya. Namun tak masalah bukan jika akhirnya kinerja para karyawan semakin meningkat?

  1. Berkoordinasi dengan tempat makan yang disediakan perusahaan

Anda juga bisa melakukan koordinasi pada kantin yang menyediakan menu makan siang. Buatlah kesepakatan bahwa mereka hanya boleh menjual makanan yang bergizi dan memiliki kandungan nutrisi tinggi. Cara meningkatkan produktivitas kerja satu ini memang terkesan agak memaksa tapi tak masalah jika itu untuk kebaikan perusahaan dan karyawan.

  1. Mengadakan workshop atau talkshow tentang eating habits

Apabila kedua cara di atas dirasa tidak pas, maka anda bisa mengadakan workshop atau talkshow yang harus diikuti oleh seluruh karyawan. Salah satu penyedia workshop atau talkshow tentang hal ini adalah situs golangsing.com.

Golangsing.com menyediakan workplace wellness program. Program ini adalah program tentang cara melakukan gaya hidup yang sehat dan positif yang tentunya bisa dijadikan cara meningkatkan produktivitas kerja. Apabila anda tertarik, langsung kunjungi situs workplace wellness program GoLangsing dan hubungi kontak person yang telah disediakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *