10 Tips untuk Energetic Lifestyle


10 Tips untuk Energetic Lifestyle

Sebagian besar dari kita telah mengalami kemerosotan enerji di sore hari akibat kegiatan sejak pagi. Malah, sebagian dari kita ada yang sering merasa sulit untuk keluar dari tempat tidur setiap pagi.Namun, terus-menerus merasa lelah setiap hari bukan hidup yang harus kita lalui.

kelelahanStress, diet yang buruk dan juga kurangnya berolahraga adalah beberapa penyebab dari pengurasan enerji Anda. Dan, kelelahan terus-menerus yang dihasilkan dapat memiliki dampak besar pada kesehatan mental dan fisik Anda.

 

10 tips ini akan membantu Anda mengalahkan kelelahan dan meningkatkan energi Anda sepanjang hari.

1. Tidur Minimal Selama Delapan Jam.

Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk menjaga tingkat enerji Anda. Tubuh kita perlu tidur untuk pemulihan dan perbaikan jaringan tubuh dari kegiatan di hari sebelumnya. Orang dewasa butuh tidur selama minimal delapan jam, sementara anak-anak butuh tidur selama minimal 9-12 jam.

Apabila Anda memiliki kesulitan untuk tidur, cobalah untuk mandi air hangat, matikan tombol listrik dan lampu selama minimal satu jam sebelum Anda tidur. Penelitian menunjukkan bahwa lampu biru dari layar digital seperti smart phone dan juga laptop bisa mengurangi tingkat hormon melatonin.

Hormon melatonin adalah growth hormon (hormon pertumbuhan). Namun, bagi orang dewasa, hormon tersebut berfungsi untuk menurunkan tingkat stress.Hormon ini digunakan oleh tubuh agar kita bisa tidur dengan nyaman dan merasa bugar di keesokan harinya.

2. Tetap Terhidrasi

Mulailah hari dengan minum segelas air putih. Setelah delapan jam tidur yang sudah direkomendasikan, tubuh Anda akan kekurangan air. Sepertinya Anda akan terdehidrasi saat bangun, yang bisa membuat Anda tetap merasa lelah. Jika Anda merasa kesulitan minum air putih di pagi hari, coba minum air hangat dengan sepotong lemon. Banyak minum air sepanjang hari akan membantu Anda untuk menghindari kehilangan energi di pertengahan pagi dan sore.

3. Kurangi Minum Kopi

Secangkir teh atau kopi di pagi hari mungkin adalah cara yang paling disenangi di dunia untuk memulai hari, tetapi minuman berkafein bisa membuat Anda benar-benar merasa lebih lelah. Kafein adalah diuretik, yang artinyabisa membuat Anda terdehidrasi dan juga membuat Anda merasa lelah. Sebagian dari teh herbal alami tidak memiliki kafein dan dapat membuat alternatif yang baik untuk teh klasik dan juga kopi.

4. Sarapan Pagi

Ini pepatah kuno, tapi sarapan yang penuh gizi adalah makan yang paling penting tiap harinya. Sarapan di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme Anda dan juga memberikan ‘bahan bakar’ yang penting yang dibutuhkan tubuh Andaagar Anda bisa melakukan aktifitas dengan baik untuk Anda lalui di hari itu juga. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa orang Barat lebih suka makan sereal, bubur dan juga roti panggang. Tapi berhati-hatilah untuk menghindari makanan atau minuman yang terlalu manis karena hal ini dapat membuat tingkat energi Anda berkuranglalu jadi lemas. Sebaliknya, makanlah karbohidrat rendah seperti gandum dan gandum utuh dengan sumber protein seperti kacang-kacangan, biji-bijian, telur dan yoghurt. Pilihan protein akan membuat bisa lebih menahan lapar hingga sore hari.

5. Tingkatkan Asupan Zat Besi Anda

Besi adalah mineral yang digunakan tubuh kita untuk membantu pembuatan sel-sel darah merah dan juga untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kadar zat besi rendah yang secara langsung terkait dengan rasa lelah jadi penting untuk memiliki jumlah yang disarankan – 8.7mg untuk pria dan 14.8mg untuk wanita. Daging merah, kacang-kacangan, kacang polong, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan juga kangkung, telur serta buah kering sangat kaya akan zat besi. Mulailahmengasup makanan yang mengandung zat besi dan makanan tersebut akan membantu Anda untuk mengalahkan rasa lelah dan juga mempertahankan berat badan yang seimbang.

6. Kurangi Asupan Alkohol ke Dalam Tubuh Anda

Merasa lelah setelah minuman beralkohol adalah sesuatu yang kita semua sadari dan hal ini bisa memiliki dampak yang bisa bertahan lebih lama.Meskipun Anda mungkin mengantuk dengan mudah setelah segelas anggur atau bir di malam hari, tidur Anda tidak nyenyak ataupun membuat Anda merasa segar kembali, meminum minuman beralkohol bisamembuat Anda tetap merasa lelah saat bangun. Cobalah untuk tetap pada batas yang direkomendasikan dari 14 unit yang tersebar di minggu ini, yaitu delapan gelas kecil anggur atau enam pint bir. Ingatlah untuk minum lebih banyak air daripada minuman beralkohol untuk mencegah Anda dari rasaterdehidrasi.

7. Jangan Lupa untuk Makan Siang

Melupakan makan siangmasih saja sering dilakukan orang. Dua pertiga dari karyawan di Inggris mengakui bahwa mereka tidak pernah berhenti selama 20 menit di hari kerja. Makan makanan yang sehat dengan teratur sepanjang hari bisa membantu untuk menjaga tingkat energi Anda dengan kecepatan tetap. Beristirahat juga membantu otak Anda menjadi tenang. Yang penting, tetaplah fokus di sore harinya.

8. Olahraga dengan Teratur

Latihan dengan intensitas rendah dapat memompa darah dan melepaskan endorfin yang ada di dalam tubuh — zat kimia yang berfungsi untuk menghilangkan stres dan meningkatkan perasaan senang.Berjalan, berlari atau bersepeda, bahkan hanya 15 menit sehari, bisa meningkatkan tingkatan enerji Anda. Targetkan berjalan kaki hingga angka yang sudah direkomendasikan, yaitu selama dua setengah jam seminggu, untuk bisa melihat perkembangan baik tingkat enerji maupun kebugaran Anda.

olahraga teratur

9. Dapatkan Berat Badan yang Ideal

Ketika tubuh Anda kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan, organ dalam tubuh harus bekerja lebih keras agar dapat berfungsi dengan baik. Dengan mendapatkan berat badan yang optimal, hal itu jauh lebih mudah bagi tubuh Anda untuk tetap melakukannya. Pastikan Anda mendapatkan cukup latihan dan makan makanan yang sehat. Konsultan bisa membantu Anda untuk mendapatkan bentuk tubuh yang Anda inginkan dengan cara menyediakan program dan memberikan saran yang praktis yang juga diimbangi dengan bergerak lebih banyak.

10. Atasi Stress

Stress menyerap banyak enerji. Nikmati beberapa ‘Me-Time’ atau ‘Waktu Ku’ dengan membaca buku, mengambil beberapa latihan seperti yoga, ataupun bersantai saat mandi akan membantu Anda untuk bersantai. Jika Anda secara teratur mengatasi tingkat stres yang tinggi, pertimbangkan teknis cognitive behavioural therapy (CBT) , meditaasi ataupun konseling untuk mengatasi penyebab kecemasan apapun.

Mengubah kebiasaan beberapa gaya hidup bisa membuat perbedaan besar atas apa yang Anda rasakan sepanjang hari. Sebagai tambahan untuk mengalahkan kelelahan, pertimbangkan untuk memulai dengan lakukan pemeriksaan kesehatan via laboratorium yang juga akan membantu menyingkirkan masalah kesehatan yang mendasar yang juga menyebabkan kelelahan Anda.

Source:
<https://www.bmihealthcare.co.uk/health-matters/health-and-wellbeing/top-10-tips-for-an-energetic-lifestyle>

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *