10 Langkah Menuju Mindful Eating


mindful eating

Langkah pertama yang bisa membuat seseorang terbebas dari gangguan emotional eating adalah dengan menyadari bahwa makanan tersebut dikonsumsi bukan karena lapar.

Mawas diri adalah kunci untuk membantu seseorang fokus dan memperhatikan sinyal tubuh dan emosi, serta dapat membantunya melakukan hal lain untuk mengalihkan rasa lapar itu seperti minum segelas air putih, berjalan kaki, merapikan meja, mandi, mengganti seprai tempat tidur, mendengarkan musik, menonton film, membaca buku atau berbelanja.

Mindfulness atau penuh kemawasan adalah kondisi di mana pikiran dan tubuh saling berhubungan. Dengan begitu mindful eating bisa diartikan sebagai mawas atas alasan utama mengapa seseorang butuh makan, kapan dan apa yang akan dimakan, dan kemudian memutuskan apakah memang kebutuhan itu sungguh ada atau hanya untuk memenuhi emosi.

 

10 Langkah Menuju Mindful Eating

  1. Persiapkan kegiatan makan dan mengudap dengan santai dan penuh kesenangan.
  2. Jangan menunggu makan dalam keadaan sangat lapar hingga rasanya mampu melahap apa saja yang   ada.Makan ketika Anda mulai merasa lapar dan bukan saat kelaparan.
  3. Puaskan mata, hidung, telinga dan pikiran. Tambahkan warna-warni dari sayuran dan lauk pauk di atas menu makanan. Buat makanan sekreatif dan semenarik mungkin.
  4. Sajikan makanan secantik mungkin. Hias meja makan dengan alas piring, serbet, bunga dan lilin. Jadikan makan adalah pengalaman yang menyenangkan.
  5. Makan sekurangnya selama 20 menit dalam posisi duduk tanpa melakukan kegiatan lain.
  6. Kunyah dengan seksama makanan di dalam mulut dan rasakan bagaimana tekstur dan rasa makanan tanpa menghakimi makanan tersebut .
  7. Bayangkan asal makanan hingga ahirnya tersaji. Misalnya dari peternakan, lalu pabrik yang mengolah, dijual di pasar dan sebagainya.
  8. Pikirkan bagaimana makanan tersebut bisa menyehatkan secara panca indera, tubuh, pikiran atau semuanya.
  9. Perhatikan benar saat perut mulai terasa kenyang lalu berhenti sebentar untuk menarik napas dan benar-benar berhenti saat perut terasa puas, bukan penuh.
  10. Selesai makan, singkirkan dan bersihkan sisa makanan. Hal ini bukan berarti membuangnya sia-sia. Simpan untuk waktu lapar berikutnya.

HAPPY EATING, goLANGSING !

NUNNY HERSIANNA

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *